Linux Mendapatkan Driver Resmi Kontroler DualSense

Sony mengeluarkan driver resmi "hid-playstation" untuk menjalankan kontroler DualSense di platform Linux

Penggunaan perangkat mouse dan keyboard merupakan hal yang biasa digunakan untuk bermain game di platform PC, namun karena semakin banyak game multiplatform yang hadir ke platform tersebut, tentunya semakin banyak juga para gamer yang mulai beralih menggunakan kontroler ketika memainkan game di PC. Mulai dari kontroler pihak ketiga, hingga kontroler yang digunakan untuk konsol, dapat digunakan di PC. Kini para pengguna Linux dikabarkan akan mendapatkan sebuah driver resmi untuk kontroler PlayStation 5, DualSense.

Sistem operasi open-source Linux telah mendapatkan dukungan untuk produk Sony sejauh ini, berkat driver “hid-sony”. Namun, dilansir dari Phoronix, Sony telah merilis sebuah driver “hid-playstation” pada akhir pekan kemain yang mengizinkan kontroler DualSense untuk digunakan di Linux dengan mode USB atau Bluetooth.

Driver terbaru ini memberikan dukungan resmi kepada LED, motion sensor, touchpad, dan rumble dari DualSense. Sama seperti support yang diberikan untuk kontroler tersebut di Steam bulan lalu, sayangnya driver ini tidak memberikan support untuk haptic feedback dan adaptive trigger. Lebih lanjut, driver hig-playstation secara teknis masih belum tersedia untuk di download secara reguler, karena driver tersebut masih berada di tahapan review, namun para pengguna Linux yang tertarik dapat mencobanya.

Kontroler DualSense sendiri dianggap merupakan salah satu fitur terbaik dari PlayStation 5. Jika perkembangan driver berjalan dengan baik, maka driver ini akan tersedia bagi para pengguna Linux pada tahun depan.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More