Meng-upgrade SSD PlayStation 5 Dikabarkan Dapat Meningkatkan Kecepatan Waktu Loading

Menambahkan SSD NVMe M.2 ke konsol PlayStation 5 dikabarkan dapat meningkatkan sedikit performa storage konsol tersebut dalam ranah loading dan kecepatan transfer.

Informasi ini di dapatkan melalui analisis dari Digital Foundry pada firmware beta 2.0 PlayStation 5, dimana kesimpulannya bahwa drive yang mereka uji, sebuah SSD Samsung 980 Pro, berjalan sama seperti internal SSD PlayStation 5 dalam ranah performa game, namun terdapat sebuah keunggulan dalam ranah waktu loading dan kecepatan transfer.

“Meski hal ini adalah sebuah beta dimana kualitas dapat berubah ketika telah dirilis secara resmi, namun hasil dari pengujian SSD M.2 kami menggembirakan,” tulis jurnalis Thomas Morgan.

“Samsung 980 Pro sangat cukup cepat untuk menangani eksklusif PlayStation 5 seperti Ratchet and Clank dan berjalan sama seperti drive bawaan PlayStation 5 ketika menghadirkan scene bandwidth tinggi. Ditambah, terdapat keunggulan dalam waktu loading. Kebanyakn dari game yang kami uji, dari The Witcher 3 hingga Fallout 4, semua berjalan dengan keuntungan marginal di 980 Pro. Kami tidak mengalami penurunan dalam hal kinerja, dan mendapatkan kelebihan dalam keseluruhan.”

YouTube player

Pada pengujian Samsung 980 Pro melawan internal SSD PlayStation 5 melalui game Ratchet & Clank: Rift Apart, Digital Foundary mengatakan bahwa mereka menemukan performa keduanya “pada dasarnya identik.”

“Dalam kebanyakan kasus, drive ini sama persis dalam hal.. stuttering di dalam game,” tulis Morgan.

Pada bagian waktu loading, Digital Foundry mengatakan bahwa mereka menemukan Samsung 980  Pro memiliki hasil yang lebih cepat pada waktu loading dibandingkan internal SSD PS5 ketika memainkan game PS4. Ditemukan juga bahwa menambahkan sebuah heatsink ke SSD, dimana telah direkomendasikan oleh Sony, meningkatkan waktu loading lebih jauh.

Dalam sebuah pengujian Cyberpunk 2077, memiliki waktu loading hampir 3 detik lebih cepat (SSD Samsung dengan heatsink) jika dibandingkan dengan SSD PS5. Setiap game PS4 yang diuji memiliki waktu loading yang lebih cepat dari drive Samsung, dengan pengecualian bahwa Battlefield 5 memiliki waktu loading yang lebih cepat dari storage internal.

Pada pengujian terakhir SSD, berfokus pada kecepatan transfer dengan memindahkan game antara SSD PS5 dan M.2. DF mengatakan bahwa setelah pengujian yang intensif, terlihat bahwa penulisan ke drive M.2 memiliki waktu yang lebih cepat dibandingkan memindahkan data yang sama ke drive internal.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More