Microsoft Mengomentari Persetujuan Mengenai Akuisisi Activision Blizzard

CEO dari Microsoft, Satya Nadella belum lama ini telah memberikan komentar mengenai tinjauan pihak regulator mengenai kesepakatan Activision Blizzard, dan mengklaim bahwa hal tersebut bukan dalam posisi monopoli.

Sebelumnya, dilaporkan setelah Microsoft mengumumkan kesepakatan yang memiliki nilai hampir 70 miliar USD tersebut akan ditinjau oleh Federal Trade Commission.

Kesepakatan Activision Blizzard ini diperkirakan akan selesai pada tahun fiskal 2023 Microsoft. Namun, kondisi penyelesaian dan penutupan ini tergantung oleh tinjauan dari pihak regulator.

Dalam kasus merger dan akuisisi, pihak regulator dapat melarang kesepakatan tersebut jika dipertimbangkan dapat membahayakan untuk kompetisi market, atau disarankan untuk melepaskan sebagian dari bisnis baru.

Ketika berbicara dengan Financial Times, Nadella dari Microsoft mendapatkan pertanyaan jika Microsoft kini harus meyakinkan pihak regulator bahwa hal tersebut tidaklah mengkhawatirkan. Sang eksekutif berpendapat bahwa industri game sangat tergrafmentasi, dan mengklaim bahwa setelah kesepakatan Activision Blizzard selesai, mereka tetap akan menjadi perusahaan terbesar ketiga berdasarkan pendapatan, di belakang Tencent dan Sony.

“Pada akhirnya, seluruh analisis disini harus dilakukan melalui lensa kategori apa yang sedang kita bicarakan,” ujar Nadella. “Dan mengenai struktur market, bahkan setelah akuisisi ini, kami akan tetap berada di nomor tiga dengan pangsa pasar remaja yang rendah, dimana bahkan pemain yang tertinggi juga berada di pangsa pasar remaja.”

“Hal ini menunjukan seberapa terfragmantasinya platform pembuat konten. Jadi itulah kategori fundamental. Ya, kami akan menjadi pemain besar di tempat yang sangat terfragmentasi. Juga analisis harus diperluas seperti ‘mengapa perusahaan konten ini berusaha untuk menjadi lebih besar?’ Karena tempat kendalanya adalah distribusi. Satu-satunya platform distribusi terbuka untuk konten game apa pun- coba tebak? adalah Windows. Toko terbesar di Windows adalah Steam. Itu bukan milik kami. Orang dapat melakukan instrumen pembayaran apa pun, sedangkan semua platform gaming memiliki distribusi tertutup.

Bloomberg melaporkan pada awal minggu ini bahwa Federal Trade Commission akan memeriksa kesepakatan akuisisi yang dilakukan oleh Microsoft pada Activision Blizzard, mengenai apakah hal tersebut dapat menjadi sebuah persaingan yang tidak sehat.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More