Perbandingan Spesifikasi PlayStation VR 2 Dengan Perangkat Lainnya

Dalam konferensi pers Sony di acara CES 2022, Sony telah mengungkapkan berbagai detail penting mengenai perangkat headset PlayStation VR2, perangkat VR generasi selanjutnya dari Sony.

Harga, tanggal rilis, dan bahkan tampilan dari headset PlayStation VR2 masih misterius, namun Sony telah membagikan berbagai informasi mengenai spesifikasi yang mentenagai headset baru mereka.

Untung lebih mengerti mengenai perangkat VR tersebut, terutama ketika dibandingkan dengan perangkat lainnya, pihak IGN telah memberikan sebuah gambar pembanding ketika perangkat tersebut dibandingkan dengan Oculus Quest 2, Valve Index, dan perangkat PSVR pertama.

Perbandingan Spesifikasi PlayStation VR 2 Dengan Perangkat Lainnya

Jika dilihat pada bagian Resolusi dan Display, terlihat bahwa PSVR2 menghadirkan spesifikasi yang lebih unggul dibandingkan tiga headset lainnya, dengan resolusi 2000 x 2040 untuk setiap mata. Namun untuk bagian lainnya, sama seperti pendahulunya, PSVR2 menggunakan display OLED dan juga memiliki refresh rate 120Hz.

Sedangkan untuk bagian Tracking, PSVR2 menghadirkan tracking dari dalam dan juga luar yang merupakan sebuah peningkatan yang besar jika dibandingkan dengan PSVR generasi pertama yang membutuhkan PS Camera, LED, dan accelerometer/gyroscopes untuk melacak gerakan kalian. Mirip dengan Quest 2, PSVR2 menghadirkan empat kamera langsung, yang mengizinkan headset untuk melacak gerakan dan juga kontroler kalian. Namun PSVR2 menghadirkan sebuah tracking yang tidak dimiliki headset lainnya, eye tracking. Sesuai dengan namanya tracking tersebut akan melacak gerakan mata kalian, yang dijelaskan bahwa ketika kalian melihat ke arah yang lain akan memunculkan input tambahan.

Untuk kontroler, PSVR2 memiliki fitur yang cukup menonjol. Mirip dengan kontroler DualSense, PSVR2 memiliki Sense Controller yang juga memiliki fitur haptic feedback dan adaptive trigger di setiap kontroler, sehingga memberikan sebuah lonjakan besar jika dibandingkan dengan kontroler PlayStation Move.

PSVR2 di desain secara spesifik untuk PS5, yang berarti headset ini tidak akan dapat bekerja tanpa terhubung ke konsol next-gen Sony, dimana hal ini sama dengan perangkat PSVR pertama, dimana membutuhkan konsol PS4 atau PS5 (degan sebuah adaptor) bersamaan dengan sebuah PS Camera untuk dapat bekerja dengan benar.

Selain itu, Sony telah memutuskan untuk mengurangi kabel yang dibutuhkan PSVR2, dimana kini perangkat headset terbaru Sony hanya membutuhkan sebuah kabel saja untuk terhubung ke PS5, dan hal ini berkat kamera yang sudah di sematkan di dalamnya.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More