Perilisan Dolphin Emulator di Steam Dijegal Nintendo Gara-Gara Valve

Akhir bulan Mei kemarin, emulator populer untuk menjalankan game GameCube dan juga Nintendo Wii – Dolphin sempat direncanakan untuk dirilis di storefront terkenal Steam. Namun ternyata akhirnya halaman tersebut dihapus dari Steam oleh Valve setelah mendapatkan surat DMCA dari Nintendo. Sampai sini mungkin kita mengira kalau hal ini dilakukan sendiri oleh Nintendo, namun kabar terbarunya Valve juga memiliki andil dalam terjegalnya perilisan Dolphin Emulator.

Dilansir dari sejumlah email yang di dapatkan oleh pihak The Verge, Valve dengan sengaja mengarahkan perhatian Nintendo ke Dolphin Emulator dengan tujuan agar mereka tidak menjadi sasaran amukan si pemilik platform yang identik dengan warna merah ini. Nintendo sendiri sudah menetapkan bahwa Dolphin adalah emulator yang ilegal karena menggunakan knci yang tidak diizinkan oleh Nintendo, dan melalui DMCA Section 1201 Nintendo membuat Valve tidak bisa merilis emulator populer ini, dan jika Valve tetap melakukannya maka Nintendo juga akan menuntut Valve karena mendistribusikan Dolphin Emulator.

Dolphin Emulator Nintendo

Alhasil Valve membatalkan perilisan Dolphin Emulator hingga waktu yang belum ditentukan dan menghapus halamannya dari Steam. Namun menariknya di saat yang hampir bersamaan, emulator Switch yang populer lainnya – Yuzu malah berhasil dirilis di platform Android, dan sejauh ini masih belum diketahui apakah Yuzu aman dari amukan Nintendo atau tidak.


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More