Xbox Series X Baru Akan Dirilis Tahun Depan, Jadi Digital Only?

Sebelumnya sudah terdapat rumor kalau Sony akan menghadirkan sebuah refresh atau upgrade untuk konsol terbarunya yang akan memasuki tahun ketiga siklus hidupnya tahun ini. Rumor ini cukup wajar mengingat bahwa konsol generasi sebelumnya juga mendapatkan perlakuan yang sama. Namun ternyata tidak hanya Sony namun Microsoft juga berencana untuk menghadirkan sebuah refresh atau upgrade kepada konsol mereka yang juga sama-sama akan genap berumur tiga tahun dalam waktu dekat ini yang kemungkinan akan tiba pada kuartal ke empat tahun depan.

Xbox Series X Baru Akan Dirilis Tahun Depan, Jadi Digital Only?

Dilansir dari sejumlah dokumen yang bocor dari FTC, konsol Xbox Series X yang mendapatkan upgrade/refresh ini bernama Brooklin dan hanya bisa menjalankan game secara digital saja, alih-alih seperti versi sebelumnya yang memiliki drive untuk membaca disc blu-ray. Tidak sampai di sana saja, bentuk konsol ini juga akan berubah dari yang sebelumnya berbentuk balok menjadi silinder. Sedangkan untuk spesifikasinya sendiri masih menghadirkan teraflops yang sama  namun dengan peningkatan pada storage menjadi 2TB.

Refresh Xbox Series S & Kontroler

Selain Xbox Series X, saudaranya Series S juga ternyata akan mendapatkan sebuah upgrade juga. Sayangnya untuk spesifikasi yang diketahui Series S dengan codename Ellewood ini memiliki kapasitas RAM sebesar 10 GB, dan storage sebesar 1 TB, sayangnya untuk bagian performanya tampaknya tidak ada peningkatan sama sekali. Versi refresh atau upgrade ini juga tampil dalam bentuk yang sama seperti sebelumnya.

Xbox Series X Baru Akan Dirilis Tahun Depan, Jadi Digital Only?

Tidak hanya pada bagian sektor konsol saja, Microsoft juga menghadirkan upgrade atau refresh pada kontroler generasi baru mereka. Bernama Sebille, kontroler ini akan ditumumkan pada akhir tahun 2023 dengan dukungan untuk accelero meter dan gyro. Tidak sampai di sana saja, kontroler yang kini memiliki dua warna ini bisa terhubung langsung dengan cloud, Bluetooth 5.1, tombol dan thumbstick yang lebih senyap, rechargeable dan swappable battry, thumbstick modular, hingga kalian cukup mengangkatnya untuk menyalakan kontroler ini.

Tanggal Rilis dan Harga

Microsoft berencana untuk mengumumkan Ellewood dan Brooklin secara bersamaan pada musim panas tahun depan, yang kemungkinan bertepatan dengan acara Summer Game Fest. Namun berdasarkan timeline yang bocor, Ellewood akan dirilis pada akhir bulan Agustus tahun depan, sedangkan Brooklin akan dirilis pada akhir bulan Oktober tahun depan. Untuk harga kedua konsol yang mendapatkan upgrade atau refresh ini akan dipatok sama dengan sekarang yakni 500 USD dan 300 USD. Sedangan untuk kontroler yang baru akan dihargai sebesar 70 USD dan akan rilis pada akhir bulan Mei nanti.

Bagaimana dengan kalian sendiri? Tertarik untuk meminang atau mengupgrade konsol kalian?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More