Review Dredge: Game Nyantai Dengan Bumbu-Bumbu Horror

Dredge, game baru awal tahun 2023 yang menggabungkan antara cozy gaming dengan berbagai bumbu horror lainnya yang akhirnya melahirkan sebuah game yang ternyata nyaman untuk dimainkan oleh kalangan gamer, termasuk yang tidak terlalu menyukai game horror.

Dalam game buatan Black Salt Game yang diterbitkan oleh Team17 pada 30 Maret 2023, sang developer akan mengajak para pemain ke samudra luas penuh ikan, yang tentunya juga berbagai macam bahaya lainnya yang mengintai, seperti makhluk ular raksasa, dan juga kraken, serta berbagai macam mitos atau legenda lainnya, hingga kepiting raksasa yang berkamuflase untuk menghancurkan kapal kesayangan kalian yang rapuh.

Plot

Terdampar di pelabuhan setelah kapal kalian menabrak karang, kalian yang merupakan seorang nelayan tanpa nama disambut oleh wali kota Greater Marrow yang tengah memerintah orang-orang di sana. Tanpa basa basi, sang wali kota mengungkap kalau kapal kalian sebelumnya hancur lebur dan barang-barang yang ada di kapal kalian sebelumnya telah dipindahkan ke sebuah kapal tua, dan kalian diminta untuk pergi untuk mencari ikan.

Pergilah kalian mencari ikan. Sekembalinya ke Greater Marrow sang Mayor menyebutkan kalau sebenarnya kapal yang kalian gunakan ini bukan diberikan namun dijual ke kalian. Tentunya sang wali kota sangat mengerti kalau kalian tidak memiliki uang, maka pendapatan dari setiap ikan yang kalian jual akan dipotong untuk biaya kapal kalian.

Review Dredge: Game Nyantai Dengan Bumbu-Bumbu Horror

Hari silih berganti, hutang kalian juga semakin menipis. Suatu ketika kalian mendapatkan ikan yang berbentuk aneh dan membawanya kepada sang penadah ikan. Sang penadah kemudian membelek ikan tersebut dan mengeluarkan sebuah sapu tangan, ia memberikan sapu tangannya kepada kalian dan meminta jika kalian menemukan lebih banyak ikan aneh lainnya, ia harap kalian bisa membawa ikan itu kepadanya.

Berjalan menuju kapal, kalian disambut sesosok pria yang berada di dalam kabin, yang mengatakan kalau ia tahu kalian mendapatkan sapu tangan itu dan ia ingin memeriksanya, namun tidak di sini. Penasaran kalian pun pergi ke Blackstone Isle, tempat yang dijanjikan oleh sang pria tersebut. Setibanya di sana, pria itu kini membawa sebuah buku dan memperkenalkan dirinya sebagai Collector, dan sesuai dengan namanya, ia meminta kalian untuk mengumpulkan beberapa relic yang tersebar di dunia Dredge.

Dalam perjalanan kalian mengumpulkan relic-relic ini, kalian akan menangkap berbagai macam ikan, mulai dari yang tinggal di permukaan hingga laut paling dalam. Tentunya kalian juga akan menghadapi sejumlah monster laut, mulai dari ular raksasa hingga monster rawa yang bisa membuat orang menjadi gila. Dan juga mengungkap asal muasal kabut yang memakan nyawa para nelayan.

Gameplay

Meski dalam game ini kalian berfokus pada kegiatan memancing, namun mekanismenya tidak sesulit game memancing pada umumnya yang sampai harus berfokus kepada jenis-jenis pancingan hingga cara memancing yang baik dan benar. Untuk memancing di Dredge lebih seperti sebuah mini-game yang menyesuaikan timing input kalian, namun hadir dengan berbagai variasi.

Susun Storage Layaknya Tetris

Review Dredge Storage
Sistem Storage Yang Harus di Susun Rapi Agar Muat Banyak Barang

Jika kalian sempat memainkan game Resident Evil 4 Remake maupun yang versi originalnya, maka kalian tidak akan asing dengan metode pengaturan storage yang ada di Dredge. Dimana kalian akan menyusun barang kalian agar muat layaknya sedang bermain tetris, namun dengan tempat yang lebih terbatas lagi karena kalian harus menyiapkan tempat untuk alat pancingan kalian, lampu, dan mesin boat kalian.

Horror dan Manajemen Waktu

Dredge Mancing Kemalaman
Mancing Kemalaman Bisa Membuat Kalian Bertemu “Bahaya”

Selain harus mengatur storage kalian yang sangat terbatas, kalian juga harus melihat seberapa lama waktu yang kalian habiskan ketika memancing. Karena ketika malam sudah tiba maka kengerian yang ada di game Dredge juga muncul dalam bentuk berbagai halusinasi, yang semakin parah jika ikon panik kalian yang berbentuk sebuah mata terbuka semakin lebar.

Ditengah kabut yang tebal kalian akan berhalusinasi berbagai macam hal, seperti bahwa terdapat sebuah kapal lainnya ditengah kegelapan yang sayangnya bukanlah rekan seprofesi kalian. Halusinasi ini juga bisa memunculkan angin puting beliung di atas lautan, meski kecil dan hanya halusinasi saja, tetap bisa memberikan kerusakan yang nyata kepada kapal kalian yang rapuh.

Nelayan Dengan Kekuatan Mistis

Nelayan Dengan kekuatan mistis
Nelayan Dengan kekuatan mistis

Dalam Dredge sendiri, karena kalian akan menghadapi berbagai macam ancaman yang diluar nalar manusia, setidaknya kalian juga memiliki kemampuan yang tidak dimiliki kebanyakan nelayan pada umumnya, seperti Haste yang akan meningkatkan kecepatan kapal kalian ketika sedang berlayar, namun dengan bayaran yang setimpal, yakni membuat kalian menjadi lebih cepat panik dan jika terlalu lama digunakan akan merusak mesin kapal kalian.

Selain Haste masih ada sejumlah kemampuan lainnya yang akan terbuka seiring dengan berjalannya progress kalian di dalam game.

Conclusion

Kesimpulan Dredge
Meski Sebuah Game Mancing Nyantai, Tetep Ada Bumbu-Bumbu Horornya

Game pertama dari sebuah studio indie, Black Salt Game yang berhasil memadukan suasana cozy ala game-game relaxing yang bisa bikin kalian lupa dengan waktu bermain, dengan sejumlah bumbu-bumbu misteri horror dari karya HP Lovecraft serta berbagai mitos yang sering kalian cukup dengar di lautan, yang dicampur menjadi sebuah game bernama Dredge. Secara overall game ini menarik dan menyenangkan untuk dimainkan, terutama menjelajahi lautan tanpa navigasi jadi kalian harus bisa membaca peta, serta cerita ringan namun menyenangkan untuk diikuti. Hal yang disayangkan hanyalah cerita yang diberikan terasa kurang panjang, dan jika kalian niat kalian bisa menghabiskan game ini dalam kurun waktu satu hari saja.

Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More