RTX 3090 dan 3080 Akan Langka Sampai 2021

Salah satu pemain besar dalam industri kartu grafis, Nvidia belum lama ini memberikan konfirmasi bahwa kelangkaan yang dialami oleh kedua kartu grafis mereka yang baru saja dirilis baru-baru ini, Nvidia GeForce RTX 3090 dan GeForce RTX 3080 tidak akan berhenti hingga tahun ini berakhir, dan kemungkinan kelangkaan tersebut akan terus berlanjut sampai dengan tahun 2021 mendatang.

Berita ini dibawakan oleh CEO Nvidia sendiri, Jensen Huang, dimana ia mengungkapkan hal ini saat menggelar Q&A, dimana ia mengatakan bahwa permintaan yang tinggi akan menghabiskan suplai kartu grafis tersebut untuk tahun ini.

Huang mengatakan, dengan kombinasi musim liburan, dan permintaan yang tinggi untuk RTX 30 Series yang didasarkan oleh Ampere akan menjadi akhir tahun yang megah untuk Nvidia, namun pihak perusahaan tidak bisa memenuhi permintaan untuk semuanya.

Huang mendeskripsikan permasalahan ini sebagai permasalahan permintaan dari pada permasalahan suplai. Ia mengatakan bahwa permasalahan ini ternyata lebih besar dari pada yang mereka perkirakan, dan meski telah menggenjot produksi, Nvidia tetap tidak bisa memenuhi permintaan para pelanggannya.

Sebelumnya peluncuran kartu grafis RTX 3080 dan RTX 3090 dianggap oleh sebagian besar orang, hancur. Dengan banyaknya stock kartu grafis tersebut hilang  dalam sekejap karena bot, dan sekarang terdapat sebuah market yang di dominasi oleh para scalper seperti Amazon, dan eBay yang menawarkan kartu tersebut dengan harga yang fantastis.

Mengenai kelangkaan ini, terdapat berbagai rumor mengatakan bahwa Nvidia kesulitan dengan dengan hasil chip 8nm dari Samsung, yang digunakan oleh Ampere, sehingga memberikan dampak pada ketersediaan stock barang tersebut.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More