Sedikit Tertinggal, Penjualan PlayStation 5 di Jepang Berhasil Capai 2 Juta Unit

PlayStation 5 dikabarkan telah berhasil terjual lebih dari 2 juta unit di Jepang. Namun sayangnya pencapaian ini membuat PlayStation 5 menjadi konsol modern Sony yang paling lamban mencapai milestone tersebut.

Dilansir dari data penjualan yang dibagikan oleh pihak Famitsu, konsol tersebut telah terjual sebanyak 2,027,783 di Jepang per 23 Oktober 2022. Angka tersebut terbagi menjadi konsol PS5 Disc sebesar 1,749,737, dan PS5 Digital sebesar 278,046.

Hal ini menunjukan bahwa konsol ini berhasil mencapai milestone tersebut dalam kurun waktu 101 minggu, kurang lebih dua tahun sejak perilisannya. Sebagai perbandingan, konsol pendahulunya, PlayStataion 4 hanya membutuhkan waktu 90 minggu saja untuk melakukannya, dan bahkan PS 3 hanya membutuhkan waktu 73 minggu saja.

Namun pencapaian ini cukup menarik karena harga konsol tersebut yang relatif tinggi, serta mayoritas barang elektronik konsumen mengalami permasalahan stok akibat kelangkaan karena pandemi.

Selain itu konsol PlayStation 5 sendiri menjadi korban scalping yang terus menjadi masalah di Jepang, dimana kemudian konsol tersebut dijual kembali diluar Jepang.

Penjualan yang berkurang atas konsol tersebut tampaknya juga terpengaruh akibat dominasi Nintendo Switch di Jepang. Konsol ini juga telah dikonfirmasi menjadi konsol rumahan Nintendo dengan penjualan terbaik, mengalahkan Nintendo Wii, dan sangat populer di Jepang, dimana konsol tersebut telah terjual lebih dari 25 juta unit hingga Juni tahun ini.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More