Server Denuvo Bermasalah, Sejumlah Jadi Game Sempat Tidak Dapat Dimainkan

Berbagai game PC dikabarkan tidak dapat dimainkan sementara waktu pada akhir pekan kemarin. Dimana terdapat dugaan bahwa Denuvo tampaknya memiliki permasalahan dengan servernya.

Pada hari minggu, para pengguna sosial media melaporkan bahwa mereka tidak dapat meluncurkan game yang menggunakan teknologi DRM tersebut, termasuk game yang belum lama ini dirilis, Guardians of the Galaxy dan Football Manager 2022.

Para pengguna tersebut juga melaporkan bahwa mereka juga tidak dapat meluncurkan game seperti Wolfenstein Youngblood, Planet Zoo, game Tomb Raider, Tony Hawk’s Pro Sakter 1 + 2, Mortal Kombat 11, dan Total War Warhammer.

https://twitter.com/UncleObli/status/1457365446869590016?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1457365446869590016%7Ctwgr%5E%7Ctwcon%5Es1_c10&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.videogameschronicle.com%2Fnews%2Fdrm-chaos-left-major-pc-games-briefly-unplayable-this-weekend%2F

Terdapat sejumlah spekulasi bahwa alasan dari error ini adalah hal sederhana seperti nama domain yang sudah kadaluarsa. Codefusion.techlogy, merupakan sebuah domain yang digunakan untuk melakukan aktivasi game yang menggunakan Denuvo, yang tampaknya telah kedaluwarsa pada hari Minggu kemarin.

Tentunya para pengguna Steam mengeluarkan amarah mereka karena tidak dapat memainkan game mereka di hari Minggu, dengan seorang pengguna mengklaim bahwa tim support Square Enix telah mengetahui masalah ini melalui DM.

Terdapat sejumlah komentar yang menyuarakan keluhan dan ketidak sukaan mereka dengan Denuvo, salah satunya mengatakan bahwa ia menolak untuk mendukung game yang menggunakan Denuvo atau DRM yang bisa membuat game-nya tidak dapat dimainkan jika terdapat masalah, seperti sekarang ini.

Denuvo sendiri saat ini tengah digunakan oleh berbagai game PC dari Ubisoft, Capcom, Sega, dan yang lainnya. Denuvo sendiri kerap di kritik oleh para gamer karena anti-piracy tersebut membuat penggunaan CPU tinggi ketika memainkan game, dan disebutkan secara signifikan memberikan dampak pada performa dan frame rate game.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More