Sony Patenkan Desain Multi GPU Untuk Tingkatkan Performa Cloud Gaming

Sebuah paten baru dari Sony telah memberikan gambaran mengenai apa yang telah dilakukan Sony untuk meningkatkan layanan cloud gaming dan streaming mereka di masa depan. Terutama, paten terbaru Sony ini tampaknya meningkatkan kapabilitas grafis untuk layanan cloud gaming mereka agar bisa membawa kualitas produk yang lebih tinggi melalui medium online tertentu.

Implikasi untuk paten tersebut kemungkinan dapat meluas ke layanan PlayStation Now milik Sony, dimana sistem ini sering menghadirkan kemampuan untuk melakuakn stream game ke PS4, dan PS5, terutama untuk game lama dari konsol generasi sebelumnya. Tetapi tidak ada bukti langsung bahwa paten ini dikhususkan untuk versi layanan PlayStation Now saat ini, atau bisa saja untuk sistem yang belum di umumkan di masa yang mendatang.

Sony Patenkan Desain Multi GPU Untuk Tingkatkan Performa Cloud Gaming

Sebagian besar bahasa yang digunakan dalam paten tersebut sendiri cukup teknis, namun jika di sederhanakan, disebutkan bahwa Sony telah menemukan sebuah solusi dari beberapa kesulitan dengan memiliki beberapa GPU pada sebuah computing data cloud. Permasalahan terbesar berasal dari pendistribusian beban kerja yang merata di seluruh GPU secara bersaman untuk memastikan bahwa mereka menyelesaikan proses papun yang ditugaskan untuk dikomputasi dalam waktu yang bersamaan. Tampa solusi tersebut yang ada dalam paten ini, hal ini bisa menyebabkan terjadinya waktu idle di GPU dan menghabiskan waktu ketika menunggu tugas selanjutnya, terkadang mengarah ke lag yang dilaporkan sejumlah pemain dalam layanan seperti PlayStation Now.

Dilansir dari klaim yang ada di paten tersebut, teknologi baru ini muncul untuk berfokus mencoba membagi data secara benar, namun juga menghadirkan buffer untuk pekerjaan yang telah diselesaikan oleh sebuah GPU dibandingkan GPU lainnya. Dengan ini, alih-alih GPU tersebut sibuk dengan hal yang sudah selesai, GPU tersebut dapat meneruskan informasi ke storage dan kemudian mulai mengerjakan proses yang diperlukan berikutnya. Karena komputasi ini terjadi enam puluh kali dalam satu detik di 60 FPS, mencegah backup bisa menjadi kunci untuk menjaga layanan cloud PlayStation memiliki kualitas terbaik.

Mengikuti klaim dari paten ini, hal ini dapat membantu layanan cloud gaming mencapai tingkat performa yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More