SSD Untuk Sejumlah Model Steam Deck Mengalami Downgrade

Valve dikabarkan telah melakukan downgrade untuk SSD yang ada di sejumlah model Steam Deck mereka. Meski seluruh model Steam Deck dengan kapasitas 256GB dan 512GB datang dengan sebuah SSD PCI express 3.0 x4, namun kini sejumlah model tersebut akan memiliki SSD PCI express 3.0 x2 saja.

Dengan menggunakan Wayback Machine, telah mengkonfirmasi bahwa Valve secara diam-diam mengubah spesifikasi teknis yang tercatat pada situs Steam Deck, dimana perubahan ini terjadi pada akhir bulan Mei kemarin, seperti yang dilaporkan oleh pihak Hardware Luxx.

Meski Valve mengklaim bahwa dalam pengujian mereka, mereka tidak menemukan dampak apapun pada performa gaming ketika menggunakan SSD x2, sayangnya Valve tidak menyebutkan dampak apapun pada waktu loading atau responsivitas. Untuk spesifikasi teknis Steam Deck saat ini menampilkan ini menampilkan informasi sebagai berikut.

64 GB eMMC (PCIe Gen 2 x1)
256 GB NVMe SSD (PCIe Gen 3 x4 or PCIe Gen 3 x2*)
512 GB high-speed NVMe SSD (PCIe Gen 3 x4 or PCIe Gen 3 x2*)

All models use socketed 2230 m.2 modules (not intended for end-user replacement)
All models include high-speed microSD card slot
*Some 256GB and 512GB models ship with a PCIe Gen 3 x2 SSD. In our testing, we did not see any impact to gaming performance between x2 and x4.

Steam Deck sendiri dirilis pada bulan Februari kemarin, mengikuti dua bulan penundaan karena kelangkaan material, dan saat ini Valve sedang berusaha untuk memenuhi permintaan yang telah mereka dapatkan sebelumnya.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More