Perlahan Namun Pasti, Steam Deck Menghadirkan Sejumlah Support Untuk Windows

Steam Deck dikabarkan telah menambahkan driver-driver Windows, hal ini berarti bahwa handheld gaming milik Valve ini akan dapat menjalan sebuah sistem operasi Windows. Tentunya dengan sejumlah batasan.

Saat ini, Steam Deck menggunakan sebuah versi SteamOS yang telah di kustom, namun Valve telah mengatakan sebelumnya bahwa Windows merupakan salah satu OS yang dapat digunakan jika para pemiliknya tertarik untuk menggunakannya. Dengan tambahan driver untuk GPU, WiFi, dan Bluetooth, Steam Deck kini dapat dengan lebih baik menjalankan sistem operasi milik Microsoft tersebut.

Dalam sebuah postingan blog, Valve mencatat bahwa untuk sekarang ini, para pengguna harus menjalankan sebuah install Windows penuh, karena dual booting yang ada di SteamOS sampai saat ini masih belum dapat digunakan. Selain itu, hanya Windows 10 saja yang tersedia di Steam Deck, karena Windows 11 membutukan sebuah BIOS baru yang saat ini tengah dikerjakan oleh Valve.

Untuk driver audio saat ini tengah ditangani bersama dengan AMD, namun audio Bluetooth, dan USB-C seharusnya dapat berjalan dengan Windows yang ada di Steam Deck.

Valve memberikan peringatan kepada para pemilik Steam Deck bahwa untuk saat ini dukungan Windows masih belum tersedia, dan jika kalian ingin kembali menjalankan SteamOS kalian dapat melihat langkah-langkahnya di sini.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More