Akibat Kelangkaan, AMD Akan Fokus ke Chip Premium

Kelangkaan komponen teknologi globa yang dibutuhkan untuk membangun sistem video game terus berlanjut, dengan kurangnya komponen seperti smiconductor telah menegah perusahaan PC dan gaming dari memproduksi lebih banyak unit. Meski kekurangan tersebut tidak menyebabkan produksi dari perusahaan seperti AMD berhenti total, namun hal itu menyebabkan mereka memprioritaskan produk tertentu.

Pada tahun lalu, kelangkaan komponen telah menjadi faktor utama kurangnya jymlah GPU dan konsol next-gen yang tersedia. Dengan kelangkaan diseluruh dunia, yang sebagian besar disebabkan oleh pandemi dan permintaan yang tinggi, kelangkaan tersebut diperkirakan akan berlangsung setidaknya sampai tahun depan.

Dalam sebuah konferensi JPMorgan baru-baru ini, CEO AMD, Lisa Su mengakui bahwa kelangkaan silicon telah membuat perusahaannya untuk fokus memproduksi chip-high-end dengan mengorbankan opsi chip yang lebih terjangkao. CEO tersebut menyadari bahwa strategi yang baru ditemukannya akan membuat area bisnis lain “kurang terlayani” dengan memprioritaskan “SKU komerisial dan SKU game kelas atas”. Su menguraikan lebih lanjut tentang sikap AMD, berbicara tentang bagaimana produknya saat ini tidak dibuat “untuk retail,” dan memperioritaskan pelanggan akhir adalah tujuan kedepannya.

Penyataan ini sangat berbebda dengan yang Su katakan dalam wawancara Bloomberg beberapa ahri lalu. Dalam wawancara tersebut, chief executive AMD mempertahankan pandangan yang positif atas ketersediaan kartu grafis perusahaan tersebut, mengklaim bahwa suplai chip akan segera bertambah. Su mengatakan bahwa tahun lalu merupakan sebuah “waktu yang sangat aktif” untuk AMD dalam ranah optimalisasi rantai pasokan.

Sumber: Gamerant, Seeking Alpha

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More