Arab Saudi Kini Miliki 10% dari Electronic Arts

Jika kalian mengikuti berita mengenai industri video game, maka kalian tidak akan asing dengan Public Investment Fund (PIF) dari Arab Saudi yang belakangan ini namanya juga sering terdengar. Hal ini terjadi karena PIF beberapa tahun belakangan ini berfokus memasukan investasi ke industri game. Kini, setelah memiliki saham di Activision Blizzard, Capcom, Embracer Group, Nexon, Nintendo, Take-Two Interactive dan yang lainnya, PIF menaikan investasi mereka sebanyak 2 kali lipat di Electronic Arts yang membuatnya memiliki 10% saham dari perusahaan tersebut.

Sebelumnya PIF hanya memiliki 16,01 juta saham di EA, namun kini memiliki 24,81 juta saham. Mengenai mengapa, cukup dapat bisa diperkirakan, hal ini karena EA sendiri memiliki pendapatan yang besar untuk tahun fiskal sebelumnya, yang meningkat 6% jika dibandingkan tahun per tahun, dengan fiskal yang berakhir pada Mei 2024 nanti EA diperkirakan akan mengantongi 7,3 hingga 7,7 miliar USD. Untuk keuntungan ini mayoritas berasal dari dua buah game, yakni Apex Legends dan FIFA 23.

Arab Saudi Kini Miliki 10% dari Electronic Arts

Mengenai alasan Arab Saudi yang gencar berinvestasi di industri game tidak lain adalah bukti seberapa kuatnya industri hiburan ini yang telah teruji pada masa pandemi, dan juga keinginan Arab untuk mengurangi ketergantungan ekonomi mereka pada minyak.

Bagaimana dengan kalian? Apakah langkah yang dilakukan oleh Arab ini adalah langkah yang tepat?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

 

Sumber: PC Gamer

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More