Gen 13 CPU Intel Tawarkan Jumlah Core Lebih Banyak, Masih Dukung DDR4

Intel baru saja mengumumkan genarasi processor desktop terbaru mereka, Raptor Lake melalui acara Intel vision.

Sama seperti pendahulunya, generasi ke 12 dari Alder Lake, Raptor Lake akan menggunakan arsitektur hybrid dari Intel, dimana menggabungkan core X86 performa (P-Cores), dan efesiensi (E-Cores), dan menggunakan chipset baru, Z790. Intel mengatakan bahwa Raptor Lake menawarkan lebih banyak core hybrid dibandingkan generasi sebelumnya, dengan CPU flagship mereka menghadirkan 24 core dengan 8 core performa dan 16 core efisien.

Processor tertinggi pada generasi baru Intel ini adalah i9-13900K yang menawarkan 24 core, 32 threads, dan clock speed hingga 5,8 GHz. Sama seperti CPU intel lainnya yang berakhiran K, menmiliki grafis Intel UHD di dalamnya. Dan untuk generasi baru ini selain i9 terdapt processor i7-13700K, dan varian yang lebih murah, i5-13600K.

Hal menarik lainnya dari proccesor Raptor Lake ini adalah bahwa CPU baru ini mendukung DDR4 dan juga DDR5. Mandy Mock, wakil presiden, dan juga GM dari Dektop, Workstation, and Channel Group di Intel, mencatat bahwa mereka mengantisipasi RAM DDR4 akan tetap tersedia di market setidaknya sampai akhir tahun 2024.

Raptor Lake sendiri menawarkan dukungan untuk keduanya, yang sangat berbeda dari pesaingnya, Ryzen 7000 series yang hanya mendukung RAM DDR5 saja.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More