Investor CD Projekt Inginkan Sang CEO Turun

Cyberpunk 2077 telah diselubungi oleh kontroversi sejak game ini dirilis sekitar enam bulan lalu. Selama berbulan-bulan sejak Cyberpunk 2077 dirilis, game ini telah mendapatkan berbagai update dari sang developer, CD Projekt Red, meski sampai saat ini para gamer masih mendiskusikan perilisan Cyberpunk 2077 yang tidak mulus.

Cyberpunk 2077 dirilis dengan berbagai bug dan performa teknis yang buruk, terutama untuk para gamer yang membeli game ini di PlayStation 4, atau Xbox One. Keadaan game ini saat dirilis sangatlah buruk, bahkan membuat Sony mengambil keputusan untuk menarik Cyberpunk 2077 dari PlayStation Store, dan sampai saat ini game ini masih belum kembali di etalase digital tersebut.

Dihapusnya Cyberpunk 2077 dari PlayStation Store merupakan titik perdebatan yang tinggi bagi salah satu investor CD Projekt Red yang akhirnya meminta developer game asal Polandia tersebut untuk mengganti para pemimpin di tingkat eksekutif mereka. Sang investor tersebut adalah Abri Advisors, seorang investor dari Inggris yang berbicara dengan Bloomberg mengenai keluhannya.

Dalam wawancara tersebut, CEO Abri Advisors, Jeffrey Tirman mengatakan bahwa ia tidak pernah berpikir jika sebuah perusahaan akan melakukan kesalahan sebanyak CD Projekt Red lakukan dengan Cyberpunk 2077, kecuali jika mereka sengaja. Permasalahan dari Cyberpunk 2077 telah memberikan dampak kepada reputasi perusahaan, dengan banyak yang mengklaim bahwa CD Projekt Red harus dapat melakukan hal yang terbaik untuk game mereka selanjutnya, agar bisa mendapatkan reputasi yang hilang tersebut.

Tirman mengatakan bahwa perusahaan sedang menjajaki para pemegang sahan di CD Projekt Red dalam upaya mencopot seluruh dewan pengawas perusahaan jika CEO Adam Kicinski dan co-founder Marcin Iwinski tidak segera diturunkan. Salah satu alasannya dilakukan langkah ini adalah karena saham CD Projekt Red telah turun sebanyak 57% sejak perilisan Cyberpunk 2077.

Tentunya menurunkan Kicinski dan Iwinski, atau badan pengawas bukan lah hal yang mudah. Langkah tersebut membutuhkan tiga perlima suara mayoritas dari semua pemegang saham perusahaan, yang menyisakan margin kecil saja. Dimana ketika Kicinski dan Iwinski, serta saudara laki-laki Kicinski, Michal Kicinski memiliki saham gabungan sebesar 34%.

Sumber: Gamerant, Bloomberg

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More