Keunggulan performa PS5 dibandingkan Xbox Series X di beberapa game sedang di investigasi oleh Microsoft

Microsoft, di atas kertas memiliki konsol next-gen yang lebih kuat, namun hal tersebut tidak ditunjukan pada sebagian game ketika dibandingkan dengan pesaingnya.

Konsol Xbox Series X tentunya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan konsol PlayStation 5 dari Sony. Hal ini telah di diskusikan menjelang perilisan kedua konsol tersebut, dan gap tersebut cukup membuat Microsoft untuk memasukannya pada marketing konsol tersebut.

Namun, hal tersebut tidak sesuai dengan sebagian launch game yang ada, dimana Xbox Series X, pada kebanyakan kasus, menghasilkan performa yang sama dengan PlayStation 5, dan terkadang berada di bawah pesaingnya.

YouTube player

Hal tersebut didasari dari hasil tes yang dilakukan oleh Digital Foundary, dimana ia menemukan hal tersebut pada performance mode 120 FPS di game Devil may Cry 5: Special Edition.

Game terbaru dari Ubisoft, Assassin’s Creed Valhalla, juga mengalami hal yang sama, dengan penurunan frame rate di bawah 60 FPS, dan screen tearing yang ditemukan di Xbox Series X. Hal tersebut tidak ditemukan pada konsol PS5.

Dalam game Dirt 5, PlayStation 5 memiliki keunggulan di kualitas gambar, dan performance mode, dimana memliki gambar yang lebih detail dibandingkan konsol Microsoft.

Dilansir dari The Verge, hal ini kemungkinan merupakan sebuah efek samping dari para developer yang mendapatkan devkits Xbox Series X lebih telat dari devkit PS5. Para developer juga mengatakan bahwa mereka hanya di izinkan untuk mengirimkan game Xbox Series X untuk sertifikasi pada bulan Juni, setelah Microsoft memperbarui perangkat Developers Kit (GDK).

Tidak mengherankan, bahwa Microsoft sediri telah mengawasi semua ini, dan mengatakan sedang bekerja dengan pihak developer untuk memperbaiki perbedaan ini.

Juru bicara dari Microsoft mengatakan kepada pihak The Verge, bahwa “Kami menyadari masalah kinerja dalam beberapa judul game yang dioptimalkan di Xbox Series X | S dan secara aktif bekerja dengan partner kami untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah untuk memastikan performa yang optimal.”

Ia melanjutkan, “Saat kami memulai generasi konsol baru, para partner kami baru saja meraba permukaan kemampuan yang bisa dilakukan oleh konsol next-gen, dan berbagai perbaikan bug kecil akan dilakukan oleh mereka saat mereka mempelajari cara menafaatkan sepenuhnya platform baru kami. Kami sangat ingin terus bekerja dengan para developer untuk mengeksplorasi lebih jauh kemampuan Xbox Series X dan Series S, di masa depan.”

Sumber: VG247

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More