Naoki Yoshida Sebut Metaverse Bukanlah Entertainment

Dalam sebuah wawancara dengan pihak Weekly Bunshun, Director dan Producer Final Fantasy XIV, Naoki Yoshida mendiskusikan kesuksesan dari MMORPG tersebut. Dalam membalas sejumlah komentar yang membandingkan FFXIV dengan Metaverse, Yoshida mengungkapkan abhwa ia tidak melihat Metaverse mirip dengan FFXIV. Lebih lanjut, Yoshida menyatakan bahwa ia tidak melihat Metaverse sebagai sebuah bentuk dari hiburan itu sendiri.

Meski tidak terdapat definisi yang pasti, Metaverse secara umum adalah sebuah dunia virtual dimana para penggunanya dapat berinteraksi dengan yang lain dengan menggunakan avatar. Metaverse sendiri belakangan ini telah menjadi topik yang panas dalam perusahaan gaming, dan juga sosial media. Presiden dari Square Enix sendiri, Yosuke Matsuda bahwa menunjukan ketertarikannya pada konsep tersebut dalam surat tahun baru yang dibagikan pada tanggal 1 Januari tahun ini.

Namun karena kemiripan keduanya, orang-orang mulai membandingkan konsep tersebut ke ekosistem virtual lainnya seperti MMORPG. Namun Yoshida percaya bahwa keduanya tidak berhubungan. “Untuk Saya. Saya melihat Metaverse sebagai sebuah sistem yang menggantikan kenyataan dengan sebuah dunia virtual. Jadi Saya tidak berpikir bahwa Metaverse memiliki hal yang sama dengan hiburan.” ujar Yoshida.

Yoshida kemudian melanjutkan, “Dalam Metaverse Saya pikir, orang-orang bisa dapat menggunakan sebuah avatar di virtual reality, dan berjalan-jalan di Shinjuku atau berbelanja, sama seperti di dunia nyata. Meski hal tersebut terdengar menyenangkan, namun tidak ada hiburan di sana. Apa menariknya mengenai sistem dunia nyata kita? itu adalah apa yang Saya rasakan.” Mengenai apakah Ia akan berpartisipasi dalam proyek Metaverse, Yoshida mengklarifikasi bahwa ia akan “membuat sesuatu yang menghibur dalam virtual reality alih-alih Metaverse,” namun tidak memiliki rencana untuk melakukannya.

Sumber: Siliconera

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More