Nintendo Switch Baru Dengan Layar OLED dan Output 4K, Dilaporkan Tengah Dikerjakan

Nintendo diduga akan mengungkap sebuah model baru dari konsol hybrid mereka, Nintendo Switch, yang memiliki layar OLED Samsung yang lebih besar pada akhir tahun ini. Dikabarkan juga bahwa Switch baru ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan output 4K ketika dalam mode docking.

Seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg, Nintendo berencana untuk mengungkap model baru ini dengan harapan bahwa “layar touchscreen yang lebih besar dapat menopang permintaan pada musim liburan nanti”.

Samsung Display Co. dikabarkan akan mulai melakukan produksi masal untuk panel OLED berukuran 7 inci, yang bersolusi 720p secepatnya pada bulan Juni mendatang. Dengan “target bulanan awal dibawah satu juta unit.” Display tersebut kemudian akan dikirimkan ke perakit pada bulan Juli nanti.

Sebagai referensi, model Nintendo Switch saat ini memiliki layar 6,2 inci dengan resolusi 720p. Layar baru ini akan terlihat seperti memperluas layar Switch kalian yang menggantikan sebagian besar bezel hitam yang ada di sekitar layarnya.

“Panel OLED akan mengonsumsi lebih sedikit baterai, menawarkan kontras yang lebih tinggi, dan waktu respons yang mungkin lebih cepat bila dibandingkan dengan layar LCD Switch saat ini,” kata Yoshio Tamura, salah satu co-founder dari display consultancy DSCC.

Laporan tersebut juga mengklaim bahwa Nintendo telah memutuskan untuk menggunakan panel OLED yang kaku untuk model baru ini, sebuah “alternatif yang lebih murah tetapi kurang fleksibel dari jenis yang biasa digunakan untuk smartphone kelas atas.”

Kesepakatan ini akan memberikan keuntungan untuk Samsung Display dimana harga pasar untuk panel OLED yang kaku sedang turun karena kelebihan supply. Hal ini juga diharapkan akan memberikan keuntungan kepada Nintendo karena kerja sama ini akan membantu mereka di saat kurangnya supply semikonduktor yang menyebabkan langkahnya konsol PlayStation 5, Xbox Series dan GPU.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More