PlayStation Dilaporkan Mengecewakan Para Developer Indie

Para developer Indie mulai bersuara mengenai perlakuan tidak menyenangkan yang mereka terima dari Sony terkait game mereka yang dirilis di platform PlayStation. Tanpa menyebut nama, salah developer indie memuji Xbox Game Pass saat membahas betapa buruknya PlayStation menangani game indie. Menurut developer — Iain Garner — PlayStation tidak banyak membantu developer indie untuk melihat hasil positif mengenai apa yang mereka rilis melalui konsol. Sangat sedikit, bahkan Iain tidak dapat menemukan alasan untuk terus merilis game melalui mereka.

Dev indie lainnya juga memiliki sentimen yang sama dengan Iain. Sebuah laporan baru yang diterbitkan oleh Push Square menyampaikan seberapa banyak dari mereka yang memiliki keluhan yang sama, serta mentalitas apakah layak menghabiskan waktu dan tenaga untuk membuat port PlayStation dari game mereka, dimana mereka tidak menemukan kesuksesan yang sama pada sistem gaming lainnya, seperti Xbox dan PC.

Kurangnya kesuksesan game indie di PlayStation, menurut catatan para developer, karena Sony telah lalai memberikan game indie iklan yang efektif. Para developer hanya akan menerima trailer untuk game mereka di channel YouTube PlayStation, bersama dengan sebuah postingan yang menyebutkan game tersebut di PlayStation Blog. Pada model yang kedua, Sony tidak memberikan pihak developer statistik apapun. Sedangkan untuk model yang pertama, biasanya developer menemukan bahwa channel mereka sendiri mendapatkan lebih banyak penonton.

Ditambah lagi, ketika dibandingkan ke sistem seperti Xbox, PlayStation mengalami kesulitan dengan komunikasi, dimana diperburuk dengan pihak developer indie membutuhkan izin dari Sony untuk melakukan keputusan manajerial apapun untuk game yang telah mereka terbitkan melalui PS Store. Contohnya, pihak developer indie membutuhkan waktu satu bulan agar bisa mendapatkan kabar dari Sony mengenai seberapa baik kinerja game mereka saat dirilis, namun platform lain hanya akan melaporkan kembali dalam waktu sekitar satu hari saja.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: