Popularitas Steam Deck Menaikan Angka Pengguna Linux

Mengingat bahwa handheld PC dari Valve yang akan hadir nanti berjalan dengan sistem operasi Linux, tentunya tidak mengejutkan bahwa kru Steam Deck tertarik untuk menggunakan sistem operasi open-source tersebut. Baru-baru ini, baik Valve dan Nvidia bekerja sama untuk menghadirkan DLSS ke sistem Linux. Kini, sepertinya OS ini memiliki alasan untuk membuat sebuah perayaan, dimana kemungkinan berkat perangkat handheld yang akan hadir nanti.

Dalam sebuah laporan terbaru, diumumkan bahwa ketertarikan pada Linux telah meningkat, dimana menunjukan bahwa lebih banyak orang kini yang mulai mencoba menggunakan sistem operasi tersebut, info ini berdasarkan sebuah survey pada hardware Steam. Meski masih belum dipastikan, n amun kemungkinan kenaikan pengguna adalah karena pengumuman mengenai Steam Deck. Laporan tersebut kemudian memperkirakan bahwa jika angka pengguna Steam bulanan berada di rata-rata sekitar 120 juta, maka terdapat 1,2 juta dari mereka yang merupakan pengguna aktif Linux. Hal ini telah membuat OS open-source ini memiliki market share sebesar 1 persen.

Mungkin tidak terdengar cukup banyak, namun hal tersebut adalah sebuah pencapaian yang mengagumkan, dan komunitas Linux senang dengan pencapaian ini. Meski hal ini bukanlah yang pertama terjadi, dimana beberapa tahun lalu hal yang mirip juga pernah terjadi, namun masih dibawah 1 persen. Dengan Setam Deck disebutkan berjalan di Linux, tentunya sangat memungkinkan handheld Valve ini menjadi salah satu faktor utama meningkatnya popularitas Linux.

Untuk Steam Deck sendiri dijadwalkan hadir pada bulan Desember nanti.

Sumber: Gamerant, GamingOnLinux

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: