Resmi! Tanggal Perilisan, Harga dan Pre-order Xbox Series X Diumumkan

Diperlihatkan pada akhir tahun 2019 kemarin, konsol next-gen dari Microsoft ini, Xbox Series X selalu dinantikan informasi lebih detailnya, Microsoft pun akhirnya memberikan informasi mengenai spesifikasi konsol tersebut, beserta fitur apa saja yang akan di dapatkan oleh para gamer yang menjatuhkan pilihan kepada konsol tersebut dalam perang konsol ini, namun tidak dengan harganya dan tanggal perilisannya. Beberapa bulan terakhir, muncul rumor mengenai edisi lebih murah dari Xbox Series X, dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Sejak saat itu, mulai banyak bocoran dan rumor tentang keberadaan konsol tersebut, beserta bocoran mengenai harga dari kedua konsol next-gen milik Microsoft ini. Namun yang namanya rumor maupun bocoran tetaplah suatu hal yang tidak bisa dipercaya begitu saja, para gamer pun menunggu dan menantikan acara dari Microsoft atau acara-acara lainnya dengan harapan bahwa Microsoft akan memberikan informasi lebih lanjut, seperti tanggal perilisan atau harga dari konsol tersebut. Akhirnya pada bulan Agustus kemarin Microsoft mengumumkan bahwa konsol next-gen mereka akan hadir pada bulan November, tapi sekali lagi harga konsol tersebut tidak diketahui, dan edisi murah Xbox Series X tidak dikonfirmasi keberadaannya. Bocoran mengenai keberadaan konsol edisi murah yang bernama Xbox Series S pun semakin banyak.

Bocoran mengenai konsol next-gen Microsoft mencapai puncaknya pada tanggal 8 September, 2020. Dimana para jurnalis veteran dalam industri game akhirnya membocorkan tanggal perilisan, harga, serta mengkonfirmasi keberadaan konsol Xbox Series S beserta bentuk dari konsol tersebut, dan akhirnya hari ini rumor dan bocoran mengenai konsol tersebut resmi berakhir, dengan dimana Microsoft sendiri akhirnya mengumumkan secara resmi melalui akun resmi Xbox di Facebook, bahwa konsol Xbox Series X, dan Xbox Series S akan dirilis pada tanggal 10 November, dan pre-order untuk konsol tersebut akan dibuka pada tanggal 22 September nanti. Untuk harganya, Series X dihargai sebesar 499 USD (7,3 juta Rupiah), dan Series S dihargai lebih murah 200 USD, yakni 299 USD (sekitar 4,4 juta Rupiah).

YouTube player

Untuk kalian yang ingin membandingkan spesifikasi kedua konsol tersebut, bisa kalian simak di bawah ini. (Sumber: Windows Central)

Xbox Series X

Processor: 8x Cores @ 3.8 GHz (3.6 GHz w/ SMT) Custom Zen 2 CPU

Graphics: 12.15 TFLOPS, 52 CUs @ 1.825 GHz Custom RDNA 2 GPU

Memory: 16 GB GDDR6

Memory Bandwidth: 10 GB @ 560 GB/s, 6GB @ 336 GB/s

Internal Storage: 1 TB Custom NVME SSD

I/O Throughput: 2.4 GB/s uncompressed, 4.8 GB/s compressed

Expandable Storage: 1 TB Expansion Card (matches internal storage exactly)

External Storage: USB 3.2 External HDD Support

Optical Drive: 4K UHD Blu-Ray Drive

Performance Target: 4K @ 60 FPS, up to 120 FPS

Color: Matte Black

Size: 301mm x 151mm x 151mm

Price: $499, £449, €499

Release Date: November 10, 2020

Xbox Series S

Processor: 8x Cores @ 3.6 GHz (3.4 GHz w/ SMT) Custom Zen 2 CPU

Graphics: 4 TFLOPS, 20 CUs @ 1.565 GHz Custom RDNA 2 GPU

Memory: 10 GB GDDR6

Memory Bandwidth: 8 GB @ 224 GB/s, 2GB @ 56 GB/s

Internal Storage: 512 GB Custom NVME SSD

I/O Throughput: 2.4 GB/s uncompressed, 4.8 GB/s compressed

Expandable Storage: 1 TB Expansion Card (matches internal storage exactly)

External Storage: USB 3.2 External HDD Support

Optical Drive: None, digital-only

Performance Target: 1440p @ 60 FPS, up to 120 FPS

Color: Robot White, Black

Size: Unknown

Price: $299, £249, €299

Release Date: November 10, 2020

Jadi sudah siapkah dompet kalian untuk meminang konsol next-gen dari Microsoft?

Berikut penampakan konsol Xbox Series S yang di sandingkan dengan Xbox Series X

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More