Seorang Developer Buat Tool Untuk Menjalankan Apps PS Vita di Nintendo Switch

Seorang developer dikabarkan telah membuat sebuah tool yang diklaim dapat memungkinkan untuk software dari PlayStation Vita untuk berjalan di konsol Nintendo Switch.

Sergi Granell, yang memiliki username Xerpi, telah membuat ‘vita2hos,’ yang di deskripsikan sebagai “translation layer PlayStation Vita ke Horizon OS (OS Nintendo Switch).” Dengan menggunakan layer ini, secara teoritis aplikasi PlayStation Vita dapat berjalan di konsol Nintendo Switch yang sudah di mod.

Granell kemudian menekankan bahwa buatannya ini bukanlah sebuah emulator. Ketika sebuah aplikasi Vita berjalan, vita2hos mengarahkan intruksi aplikasi tersebut  untuk melompat ke Horizon OS – sistem operasi dari konsol tersebut – yang memiliki perilaku yang sama. Dengan melakukan ini, aplikasi Vita dapat berjalan di sistem operasi Switch secara langsung, alih-alih menggunakan emulator.

Sebuah video baru oleh Modern Vintage Gamer menunjukan cara kerja tool tersebut. Channel ini berhasil menjalankan tech demo PS Vita dalam sebuah Nintendo Switch yang sudah di mod. Dilansir dari MVG, sejauh ini tidak ada game komersil PlayStation Vita yang berjalan di Nintendo Switch, dan kemungkinan harus menunggu beberapa waktu sampai hal tersebut dapat terjadi.

Channel ini juga mencatat bahwa karena Switch dan Vita memiliki CPU ARM, Switch dapat membaca kode Vita secara native ketika tool Xerphi digunakan.

“Hal ini merupakan bukti awal dari konsep tersebut, dan masih terdapat banyak hal yang harus dilakukan.” ujarnya. “Terdapat kemungkinan kita akan melihat sejumlah game komersil yang mulai dapat berjalan. Saya tidak ingin terlalu berharap, namun hal ini masih menjadi sebuah bukti dari konsep, dan tentunya hal ini merupakan hal yang menarik bagi para penggemar homebrew Switch dan juga Vita.”

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More