Sony Telah Menjual 13.5 Juta Unit PlayStation 5

Pada laporan keuangan terbaru milik Sony, diumumkan bahwa konsol PlayStation 5 telah terjual sebanyak 13,4 juta unit, sampai dengan saat ini. Dengan 3.3 juta PS5 telah terjual pada periode kuartal 2, Juli sampai September.

Seperti yang diungkapkan dalam Hasil Keuangan Sony untuk kuartal kedua, pada bagian Game & Network Services, Sony telah menjual satu juta unit PS5 lebih banyak kepada retailer dalam kuartal tersebut ketika dibandingkan perode tiga-bulan sebelumnya. Angka penjualan ini merupakan tertinggi kedua per kuartal untuk PS5, sebanding dengan penjualan di Q4 tahun lalu, namun berada di belakang Q3 2020, yang berhasil mencatat penjualan sebanyak 4.5 juta unit.

Penjualan ini berhasil memberikan kontribusi sebesar 5.68 miliar USD dalam pendapatan divisi gaming Sony, meningkat 27% dari tahun ke tahun untuk Q2 terbaik PlayStation yang pernah dicapai. Dari pendapatan tersebut, 0,751 miliar USD diambil sebagai keuntungan. Meski penjualan ini menakjubkan, namun terdapat penurunan dalam profit operasional, sebanyak 21% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini terjadi karena penjualan konsol PS4 yang rendah, dimana konsol tersebut hanya terjual sebanyak 0,2 juta unit pada kuartal ini, dan konsol PS5 masih dijual dengan rugi.

Namun, secara keseluruhan, PlayStation mencatat total pendapatan pada kuartal ini sebanyak 27%, dan 26% untuk total keuntungan operasionalnya.

Dalam penjualan game, Sony melaporkan 76,4 juta game terjual pada kuartal tersebut di PS4 dan PS5. Sedangkan untuk penjualan lifetime, God of War merupakan game dengan penjualan paling besar, dengan 19.5 juta kopi. Sedangkan untuk Horizon Zero Dawn hanya berada di 10 juta kopi, dan Marvel’s Spider-Man telah terjual sebanyak 13.2 juta. Di konsol PlayStation, game Demon’s Souls telah terjual sebanyak 1.4 juta kopi, dan Ratchet & Clank: Rift Apart telah terjual sebanyak 1.2 juta.

Pada bagian PlayStation Plus, layanan tersebut telah memiliki sebanyak 47.2 juta pelanggan, dimana terdapat peningkatan 2.2 juta pelanggan dibandingkan tahun sebelumnya, dan satu juta lebih banyak dibandingkan kuartal sebelumnya. Namun pengguna aktif bulanan PlayStation Network menurun menjadi 104 juta. Pada tiga kuartal sebelumnya terdapat 114 juta pengguna. Penurunan ini kemungkinan karena keadaan pandemi yang mulai membaik, membuat orang-orang menjadi lebih jarang untuk memainkan game.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: