Super Mario 64 Dikembangkan Selama 622 Hari Menurut Dokumen ‘Gigaleak’

Super Mario 64 bisa dibilang salah satu game terbaik sepanjang masa, tidak hanya karena betapa menyenangkannya game ini tetapi juga karena lompatan teknologi yang diwakilinya untuk genre platforming. Menurut sebuah dokumen yang baru-baru ini ramai dibacarakan, “Gigaleak”, proyek monumental ini ternyata dikembangkan kurang dari dua tahun.

Penemuan ini pertamakali dibagikan oleh pengguna Twitter bernama ecumber yang mengunggah sebuah cuitan serta screenshot file berupa teks yang terpampang sebuah detail dari jangka waktu pengembangkan dari Super Mario 64 untuk kepentingan hak cipta. Nintendo 64 merilis judul “Period of Creation,” tertulis di dokumen tersebut, dimulai pada 7 September 1994 dan berakhir pada 20 Mei 1996, dimana hanya satu bulan sebelum gamenya dirilis pada 23 Juni di Jepang. Keseluruhan waktu pengembangan memakan waktu sekitar 622 hari.

File teks juga menunjukkan bahwa pekerjaan pada revisi tambahan berlangsung selama 15 hari, berlangsung pada 15 Juli 1996 hingga 29 Juli. Orang-orang mungkin menganggap ini sedang mempersiapkan Super Mario 64 untuk rilis 29 September di Amerika Utara.

Tentu saja dokumen tersebut tidak mencakup keseluruhan cerita. Sutradara Super Mario 64 – Sshigeru Miyamoto ssebelumnya telah mengatakan di wawancara Nintendo Power bahwa pekerjaan konseptual pada permainan Mario tiga dimensi dimulai selama pengembangan Star Fox 1993 untuk Super Nintendo. Begitu proyek selesai, Miyamoto menjelaskan, satu tahun penuh dihabiskan hanya untuk “pekerjaan desain” sebelum pengembangan sebenarnya dari permainan itu sendiri dimulai dengan sungguh-sungguh.

Mungkin cukup aman apabila kita menyebut Super Mario 64 memakan waktu pengembangan selama tiga tahun lamanya sejak dimulai hingga selesai dirilis, tergantung bagaimana definisi “kerja” dan “pengembangan” yang kamu miliki. Itu mungkin tampak remeh dalam industri saat ini, ketika game bessar seperti The Last of Us Part II dapat memakan waktu enam tahun ke atas untuk dirilis. Dengan bocornya dokumen “Gigaleak” ini nampaknya kita dapat mengapresiai pekerjaan yang telah dikerjakan oleh pengembang game pada masa lalu.

Sumber: Kotaku

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More