Terungkap! Ternyata Xbox Series S Lebih Populer dari Xbox Series X, Apa Alasannya?

Sejak perilisannya di tahun 2020 kemarin, varian konsol baru Xbox yang memiliki performa lebih rendah dibandingkan saudaranya selalu menjadi bahan perbincangan, tidak hanya dari sisi para gamer, namun juga dari para developer juga, dan bahkan yang paling terbarunya performa Xbox Series S yang berada di bawah Series X sempat membuat para gamer Xbox tidak bisa menikmati Baldur’s Gate 3 karena developernya kesulitan untuk mengimplementasikan salah satu fitur mereka ke dalamnya. Namun dari sisi para konsumen, ternyata konsol mungil tersebut lebih populer dan lebih banyak dipilih dibandingkan Series X.

DIlansir dokumen MIcrosoft yang bocor dalam persidangan melawan FTC baru-baru ini, terungkap di salah satu dokumen mereka mengenai penjualan dari April 2022 dalam slide bernama “Console Sell-In Mix”, terlihat bahwa sebanyak 74,8% dari pemilik Xbox Series adalah pemilik Series S dengan sisanya 25,1% adalah pemilik Series X. Namun perlu dicatat kalau masih tidak diketahui apakah data ini berdasarkan perbulan atau perkuartal. Namun berdasarkan info dari Mat Piscatella dari Circana serta Daniel Ahmad dari Niko Partner kepada IGN, mereka mengestimasi bahwa penjualan kedua konsolnya saat ini mendekati 50/50 dengan Series S lebih terjual dibandingkan Series X.

Xbox Series X Series S

Tentunya hal ini cukup mengejutkan bahwa konsol dengan spesifikasi yang lebih rendah, yang di desain untuk berjalan di 1440p dan 60fps, tanpa 4K, dan disc drive ternyata lebih laku dibandingkan saudaranya yang lebih superior. Namun jika melihat dari sisi konsumen mungkin Series S lebih masuk akal. Tentunya karena harga yang ditawarkan oleh konsol dengan ukuran mungil ini relatif lebih terjangkau dan bisa memainkan beragam game next-gen lainnya seperti Starfield. Tentunya ini lebih menarik bagi kebanyakan orang yang lebih mementingkan game itu sendiri dibandingkan performa yang ditawarkan. Dan juga orang tua yang ingin membelikan konsol untuk anak mereka.

Dengan melihat hal ini, tampaknya cukup masuk akal melihat langkah Microsoft dalam menghadirkan varian baru Xbox Series yang notabene lebih memberikan peningkatan diluar performa kokmputas, seperti storage dan konektivitas.

Bagaimana dengan kalian sendiri? Apakah kalian lebih memilih Series S atau Series X?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More