Tidak Punya Waktu? Game-Game Ini Bisa Kalian Selesaikan Lebih Awal Dari Seharusnya

Dalam menamatkan sebuah game, para gamer biasanya menghabiskan waktu tergantung dengan jenis game yang mereka mainkan, namun cenderung membutuhkan waktu berjam-jam. Para developer sendiri mendorong agar para pemainnya menghabiskan waktu yang cukup banyak dalam game mereka, salah satunya adalah dengan menghadirkan sejumlah ending sehingga meningkatkan tingkat replaybility game tersebut. Tetapi bersamaan dengan itu, para developer juga menghadirkan sejumlah ending alternatif yang dapat diselesaikan dalam hitungan menit saja. Dan berikut ini adalah sejumlah game yang dapat kalian selesaikan dalam hitungan belasan hingga puluhan menit.

Far Cry 4

Masih membawa konsep yang sama dengan game Far Cry sebelumnya, dalam game ini kalian akan berhadapan dengan seorang antagonis di Far Cry 4. Dalam game ini kalian akan berperan menjadi seorang pemuda yang bernama Ajay, dimana ia berusaha untuk membawa kembali abu dari ibunya ke Kyrat untuk ditaburkan di sana. Namun dalam perjalannanya ia bertemu dengan Pagan Min. Pada awal pertemuan ini kalian akan ditinggalkan oleh Pagan Min dalam sebuah ruangan untuk makan, dan kalian memiliki dua pilihan, menunggu selama kurang lebih 15 menit sampai Pagan Min kembali, dan maka kalian menamatkan Far Cry 4 dalam hitungan menit, atau memilih untuk kabur dan kalian akan menghabiskan waktu puluhan jam untuk menamatkan game ini. Setelah Pagan Min kembali maka ia akan menceritakan hubungan yang ia miliki dengan ibu dari Ajay, serta apa yang dilakukan oleh ayahnya. Setelah menaruh abu di tempat yang sama dengan adik tirinya, Ajay tampaknya diajak oleh Pagan Min untuk bertarung bersama melawan musuh yang normalnya menjadi teman Ajay jika kalian mengikuti rute normal Far Cry 4.

Far Cry 5

Seolah ingin melanjutkan hal yang sama, Ubisoft juga menghadirkan sebuah ending yang bisa kalian dapatkan dengan hanya beberapa menit saja di dalam game. Dalam game Far Cry 5 ini kalian akan berperan menjadi seorang karakter yang ikut turut serta dalam sebuah operasi gabungan antara angkatan laut amerika serikat, dan departemen sheriff dengan tujuan untuk menahan antagonis bernama Josep Seed yang dianggap memimpin sekte sesat. Dalam suatu adegan kalian akan dipaksa untuk memborgol Seed, sedangkan Seed sendiri menyerahkan kedua tangannya di depan kalian. Jika kalian memilih untuk memborgolnya maka game Far Cry 5 akan berjalan dengan semestinya, namun jika kalian memutuskan untuk tidak memborgolnya dan hanya menunggu saja sembari dibentak oleh atasan kalian Sherif memutuskan untuk tidak menjadi menangkap Seed, dan kembali.

NieR: Automata

YouTube player

NieR: Automata, sebuah game action RPG yang digandang menjadi salah satu game terbaik yang dirilis pada tahun 2017 di PS4 dan PC berkat ceritanya yang menarik. Tidak hanya itu game ini juga terkenal memiliki jumlah ending yang cukup banyak, yakni 26 buah ending. Selain banyak, cara yang ditempuh untuk mendapatkan ending tersebut juga cenderung unik, seperti meninggalkan misi, hingga ke cara yang kurang menyenangkan seperti menghancurkan robot yang tidak bersalah.

Dan salah satu dari ending tersebut mengizinkan kalian untuk menamatkan game ini dengan cepat, yaitu dengan mencabut chip OS. Meski kalian bisa mendapatkan ending ini kapanpun, namun cara tercepat adalah mendapatkannya dalam tutorial, ketika kalian mendapatkan penjelasan mengenai plug-in chip. Dalam tutorial, kalian disarankan untuk tidak melepas chip tersebut, dan ketika kalian melepaskannya maka kalian akan mendapatkan ending T: fa[T]al error.

Shadow Complex

YouTube player

Sebuah game 2d side-scrolling Metroidvania yang dirilis pada tahun 2009, kalian akan berperan menjadi seseorang yang bernama Jason Fleming yang sedang menjalani hiburan bersama dengan pacar barunya Claire, dan ketika sedang memasuki sebuah gua yang besar Claire tidak menanggapi panggilan dari Jason. Ketika masuk ke dalam gua tersebut lebih dalam, kalian akan disambut dengan sebuah cutscene dimana Calire tertangkap. Alih-alih berusaha untuk menyelamatkannya, kalian dapat memilih untuk mencari jalan memutar dan kembali ke mobil Jeep kalian.

The Stanley Parable

Sebuah game dimana kalian berperan menjadi salah seorang karyawan bernama Stanley di sebuah kantor yang penuh dengan misteri. Dalam game ini kalian akan mejelajahi kantor kalian dan mengungkap misteri yang ada dengan ditemani oleh seorang narator. Dalam game ini kalian bebas untuk mengikuti apa yang dikatakan oleh narator atau melakukan hal sesuka kalian, dan jalan yang kalian pilih akan menjadi salah satu dari 42 ending (19 ending pada versi standard + 24 ending pada versi Ultra Deluxe) yang ada di dalam game ini. Dan terdapat salah satu cara tercepat untuk mendapatkan ending tersebut. Ketika sang narator mengatakan bahwa Stanley bangkit dari tempat duduknya dan berjalan keluar dari ruang kerjanya, kalian dapat melihat bahwa sebuah pintu dibelakang kalian terbuka. Jika kalian memilih untuk menutup pintu tersebut maka kalian mendapatkan salah satu ending dari 42 ending yang tersedia.

The Legend of Zelda: Breath of the Wild

YouTube player

Untuk yang satu ini, memang tidak terlalu banyak waktu yang kalian butuhkan untuk menamatkan salah satu game terbaik dari Nintendo. Diperkirakan waktu yang kalian gunakan hanyalah 30 menit saja, untuk menyelamatkan Zelda. Sesuai dengan inti dari game ini, yakni menyelamatkan putri Zelda, alih-alih mengelilingi Hyrule, mengunjungi berbagai Shrine, mengumpulkan Korok Seed, dan menyelamatkan 4 Divine Beast, kalian bisa langsung Hyrule Castle yang dikuasi oleh Calamity Ganon dan menghajarnya. Tentunya untuk melakukan ini kalian membutuhkan satu hal, yakni kemampuan dan persiapan kalian dalam memainkan Zelda: BoTW.

Zero Escape: Zero Time Dilemma

YouTube player

Sebuah game dari developer yang mengembangkan game Danganronpa. Masih menghadirkan konsep yang sama, yakni game visual novel puzzle, selain itu Zero Time Dilemma memiliki sejumlah ending.

Dalam game ini, diceritakan terdapat sembilan partisipan yang terbangun dalam sebuah tempat di bawah tanah, terkurung dan mengenakan sebuah gelang hitam. Untuk kabur mereka berpartisipasi dalam sebuah permainan bernama Decision Game yang mematikan. Pada adegan awal game ini, Zero yang merupakan mastermind dibelakang permainan tersebut datang dan melemparkan koin dengan dua sisi biru dan merah. Ketika jatuh ke lantai, ia menginjaknya dan meminta partisipan untuk menebak dengan benar, jika benar maka mereka akan mendapatkan kebebasan. Dan jika kalian berhasil menebak dengan benar maka kalian mendapatkan salah satu ending game tersebut, dan selamat.

Devil May Cry 5

YouTube player

Devil May Cry 5 merupakan salah satu game yang dinantikan para gamer setelah perilisan game DmC: Devil May Cry yang disebut cukup mengecewakan dan tidak sesuai dengan ekspektasi para gamer. Pada pembukaan ini kalian akan disambut oleh Nero dengan gaya yang baru, bersamaan dengan sejumlah tutorial untuk memperkenalkan gameplay yang ada di game ini layaknya game lain pada umumnya. Pada bagian akhir prologue kalian akan menggunakan seluruh hal yang telah kalian pelajari untuk mengalahkan Urizen. Sebenarnya boss ini di desain agar kalian kalah karena bos ini memiliki darah yang tebal, namun jika kalian memiliki kemampuan yang baik dalam memainkan game DMC, kalian dapat mengalahkan bos ini dan langsung menamatkan DMC 5.

The Witness

YouTube player

Terbangun dalam sebuah tempat yang tidak diketahui, kalian akan menyelesaikan sejumlah puzzle untuk mencari tahu apa yang tengah terjadi dengan kalian, dan sedang ada di mana kalian. Dalam game ini kalian akan menyelesaikan berbagai puzzle dengan harapan untuk mendapatkan sejumlah petunjuk, atau setidaknya menemukan sebuah jalan pulang.

Masih sama dengan beberapa game sebelumnya dalam daftar ini, game ini juga memiliki sejumlah ending salah satunya adalah ending dimana kalian menyelesaikan sebuah puzzle dengan cara menjajarkan sebuah tiang putih yang ada pada sebuah gerbang pada bagian awal game, dan matahari. Dengan menyelesaikan puzzle ini maka pintu gerbang tersebut akan berubah menjadi sebuah rumah. Jika kalian masuk ke lebih dalam ke rumah tersebut maka kalian akan mendapatkan sebuah ending alternatif.

Di atas ini adalah 9 game yang dapat kalian tamatkan lebih  awal dibandingkan seharusnya, namun meski kalian bisa mendapatkan ending atau menyelesaikan game ini dengan cepat, sayangnya kalian tidak menikmati mayoritas konten yang dibuat oleh para developer dengan kerja keras mereka.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More