Valve Targetkan Game Untuk Berjalan Minimal 30 FPS di Steam Deck

Pada minggu lalu, terdapat sebuah kontroversi yang tumbuh dalam komunitas PC gaming mengenai salah satu fitur yang didaftarkan pada Steam Deck. Cukup banyak artikel menunjuk bahwa Valve “menargetkan” 30 FPS untuk game-game yang akan hadir di platform handheld PC, mengikuti sebuah wawancara dengan coder Valve, Pierre-Loup Griffais. Kini Valve berusaha untuk meringkas dan mengklarifikasi arti dari “menargetkan” dan mengkonfirmasi bahwa 30 FPS adalah sebuah angka minimum yang bisa diperkirakan oleh para pengguna Steam Deck.

Klarifikasi ini sekali lagi datang dari Pierre-Loup Griffais, yang telah menjadi wajah publik dari platform yang akan hadir ini. Griffais menyebutkan topic tersebut di Twitter, dengan pertama-tama mengakui komentarnya mengenai Steam Deck yang menargetkan 30 FPS. Yang diartikan bahwa 30 FPS merupakan angka minimal “playable” bagi Valve. Angka tersebut bukanlah sebuah batasan. Dimana Steam Deck “menargetkan” bahwa setiap game yang dimainkan di platform tersebut menembus 30 FPS.

Lebih lanjut, Griffais mengatakan bahwa pengujian performa Valve di Steam Deck telah berjalan dengan sangat baik. Griffais mengatakan bahwa game yang diuji pada Steam Deck telah “secara konsisten memenuhi, dan melampaui” target 30 FPS tersebut. Perlu ditekankan bahwa ia mengatakan “dan melampaui” dan bukan “atau melampaui.” Dengan kata lain, game-game yang telah di uji oleh Valve berhasil berjalan lebih dari 30 FPS secara konsisten.

Komentar tersebut menjadi lebih masuk akal ketika mengingat beberapa komentar Griffais sebelumnya mengenai hal apa saja yang telah diuji pada Steam Deck. Ia sebelumnya mengatakan bahwa Valve belum menemukan satu game pun yang tidak berjalan di Steam Deck. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa ia yakin seluruh game Steam akan berjalan di Steam Deck. Dengan komentar terbaru Griffais, ia yakin bahwa setiap game di Steam akan stabil di 30 FPS atau lebih tinggi.

Griffais sendiri juga telah mengkonfirmasi hal lainnya dalam cuiatan terbarunya. Dimana Steam Deck akan memiliki limiter FPS di dalamnya. Mungkin pengumuman tersebut cukup aneh setelah mengkonfirmasi bahwa Steam Deck bisa melampaui 30 FPS, namun cukup dapat dimengerti bahwa para pemain bisa mengatur FPS sesuai dengan keinginan mereka. Contohnya jika mereka sedang ada di luar, dan ingin menghemat baterai, mereka bisa membatasi maksimal FPS dari game yang mereka mainkan sehingga Steam Deck mereka bisa bertahan lebih lama.

Steam Deck sendiri akan dirilis pada bulan Desember mendatang.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More