E3 Mati Karena Summer Game Fest? Geoff Keighley: Itu Gara-Gara Mereka Sendiri

Electronic Entertainment Expo atau yang lebih dikenal E3, merupakan sebuah acara tahunan yang selalu diselenggarakan bahkan sebelum tahun 2000. Acara yang digelar setiap tahun ini berhasil menjadi sebuah acara besar dimana para developer akan mengungkap berbagai proyek yang tengah mereka kerjakan, dan para pengunjung yang datang bisa bertemu dengan orang-orang penting dalam industri game dan bahkan mencoba berbagai macam demo yang disediakan. Namun beberapa tahun belakangan ini E3 tampak sulit kembali ke masa sebelumnya, terlebih setelah pandemi lebih banyak developer yang memutuskan untuk membuat acara mereka sendiri secara online untuk memberikan informasi atas proyek-proyek dan rencana mereka kedepannya. Tentunya tidak sedikit yang beranggapan kalau acara dari Geoff Keighley ini, Summer Game Fest menjadi salah satu faktor mengapa acara E3 sulit sekali bangkit. Dan tentunya hal ini dibantah oleh Keighley.

Dalam sebuah wawancara terbaru dengan pihak VGC, Keighley mengungkapkan kalau acara E3 mati karena ulah penyelenggaranya sendiri dan bukan karena acara yang berada di bawah naungannya, Summer Game Fest. Ia mengatakan kalau ia sudah melihat tanda-tanda “kematian” dari acara E3 dan akhirnya menciptakan acara Summer Game Fest. Sebagai orang yang memulai acara E3-nya di tahun 1995, ia juga merasa sedih, dan juga menyebutkan kalau relasi dan partisipasi menjadi masalah E3 dalam beberapa tahun terakhir ini.

Geoff Keighley sendiri mengakui kalau ia tidak merasa acaranya adalah saingan dari E3, dimana ia menyebutkan kalau sempat bertemu dengan penyelenggara E3 dan juga ReedPop mengenai kerja sama keduanya, mengingat kalau Summer Game Fest lebih berfokus kepada acara digital sedangkan acara E3 merupakan acara trading besar yang juga berfokus kepada konsumen yang datang ke sana.

Bagaimana dengan kalian? Apakah Summer Game Fest menjadi faktor utama matinya acara E3? Atau ada faktor-faktor lainnya?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More