Hideo Kojima Mengkritik Media Digital

Bisa dibiliang bahwa Hideo Kojima merupakan salah satu orang yang paling berbeda di industri game. Selain menjadi kekutan kreatif di belakang game seperti Metal Gear Solid, dan Death Stranding, Kojima juga dikenal sebagai salah satu developer yang vokal, dan ia memberikan pendapatnya minggu lalu mengenai media digital.

Media sendiri terus berubah, dan berevolusi untuk menyesuaikan selera yang berubah, dan cara orang mengakses media juga telah berubah. Di berbagai media seperti video game, film, dan TV, hal ini terlihat dengan betapa menonjolnya media digital dalam dekade terakhir. Terlihat pada penjualan game belakangan ini, seperti Blu-ray, dan cartridge game yang mulai tergerus dengan game digital.

Salah satu hal yang baik untuk hal ini adalah karena telah membuat media menjadi lebih mudah di akses dibandingkan sebelumnya, namun Kojima merasa berbeda. Melalui akun pribadinya di Twitter, ia menampilkan sebuah CD baru yang ia beli, dan memulai cuitannya dengan “CD akan segera menghilang.” Ia kemudian memberikan beberapa cuitan lanjutan untuk menyuarakan pendapatnya mengenai bagaimana orang-orang berakhir dengan tidak memiliki media digital “atas keinginan mereka sendiri.”

Lebih lanjut, Kojima mengekspresikan kekhawatiran mengenai banyak “perubahan besar atau kecelakaan di dunia,” apakah itu pergolakan di pemerintahan, tren, atau bahkan ide, dapat membawa risiko orang terputus dari media digital mereka sendiri. Meski Kojima khawatir dengan peristiwa yang besar, hal-hal berskala lebih kecil dapat terbukti sama merugikannya dengan kemampuan konsumen untuk mengakses game digital. Hal ini terutama berlaku untuk video game, karena penutupan toko online sudah cukup untuk membuat banyak game digital yang sudah lama menjadi benar-benar tidak dapat diakses.

Permasalahan ini cukup familiar dirasakan oleh para penggemar Kojima, dimana P.T., playable teaser untuk proyek SIlent HIll Kojima yang dibatalkan. Setelah kepergiannya dari Konami, teaser tersebut dihapus dari PlayStation Store, memaksa para penggemar game horror tersebut harus menyimpannya di storage mereka, dengan risiko kehilangan P.T selamanya. Meski terdapat cara yang tidak resmi untuk mendownload P.T kembali, namun faktanya tetap sama bahwa playable teaser tersebut tidak lagi tersedia untuk para gamer baru.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More