Hiroshi ‘Mr. Dotman’ Ono, Telah Berpulang

Mantan dot artist Namco, Hiroshi Ono yang dikenal juga dengan sebutan “Mr. Dotman,” telah berpulang. Sang desainer pernah menangani game arcade klasik untuk Namco, termasuk Pac-Man, dan Galaga. Ono berpulang pada tanggal 16 Oktober, 2021 setelah bertarung cukup lama dengan hepatitis autoimun. Ia berpulang pada umur 64 tahun.

Ono awalnya bergabung dengan Namco pada tahun 1979 sebagai seorang graphic designer. Pada saat waktunya bersama dengan Namco, Ono telah membantu untuk mendesain berbagai logo dan karya dot untuk beberapa game arcade yang terkenal pada tahun 80-an. Hal ini termasuk game-game seperti Galaxian, Pac-Man, Xevious, Dig Dug, dan Rally-X, serta yang lainnya. Ia dikenal atas pendekatannya yang unik untuk mendesain sprite pixel yang berotasi, dimana ia menggunakan dudukan berputar untuk melacak sprite pada sudut yang berbeda.

Ia kemudian bergabung dengan Bandai Namco Games pada tahun 2006 setelah kedua perusahaan tersebut merger. Di tahun 2013, Ono kemudian menjadi freelance, dan terus berkarya di berbagai proyek game lainnya. Ia juga membuka sebuah workshop desain pixel art, dan merilis sejumlah buku mengenai proses pembuatan pixel art.

Baru bulan kemarin, Ono mengumumkan bahwa ia mengidap hepatitis autoimun. Bersamaan dengan pengumuman ini, sebuah campaign crowdfunding telah disiapkan untuk membuat sebuah film dokumenter mengenai karya Ono. Campaign “Mr. Dotman” telah mendapatkan dana. Namun akun resmi menyebutkan bahwa karena kewajiban kontrak dengan platform crowdfunding, mereka tidak dapat menutup beberapa tier pledge yang menghadirkan sejumlah item bonus yang dibuat oleh Ono.

Sebuah pemakaman pribadi diadakan dan dihadiri oleh keluarga dan teman-teman beliau. Akun resmi Team Dotman meminta agar para penggeemar tidak mengirimkan hadiah atau pesan apapun.

Sumber: Siliconera

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More