Penjualan Nintendo Switch Capai 80 Juta Unit

39% Pemilik Switch Memiliki Game Animal Crossing: New Horizons

Nintendo belum lama ini telah merilis laporan keuangan mereka untuk kuartal ketiga dalam tahun fiskal yang berarkhir pada bulan Maret ini. Laporan tersebut mencakup periode dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2020, dimana terlihat peningkatan yang besar dari tahun ke tahun, sebesar 37,3% pada pendapatan, yakni 1,404 miliar Yen.

Kuartal ini menjadi kuartal terbaik kedua dalam sejarah perusahaan, setelah kuartal ketiga pada tahun fiskal 2008, dimana saat itu Nintendo memiliki konsol yang populer, Wii dan DS.

Tidak terlalu mengangetkan lagi, bahwa kesuksesan pada Q3 ini sebagian besar dikarenakan oleh konsol Switch dan juga gamenya. Pada kuartal tersebut, Nintendo Switch berhasil terjual sebanyak 11,57 juta unit, terdapat peningkatan sebesar 7% jika dibandingkan tahun sebelumnya dalam periode yang sama. Model utama Switch masih memiliki penjualan yang terbaik, yang memiliki porsi sebesar 72% dari penjualan hardware. Untuk keseluruhan, penjualan konsol bertanggung jawab atas 56% pendapatan dari perusahaan.

Sejauh ini, konsol Switch sendiri telah terjual sebanyak 79,87 juta unit dalam waktu 46 bulan. 66,34 juta unit diklaim merupakan Switch standard, dan sisanya merupakan Switch Lite. Hal ini berarti Switch secara resmi telah mengalahkan penjualan konsol Nintendo 3DS.

Untuk penjualan game, terdapat peningkatan juga pada kuartal ketiga ini. Terdapat 75,85 juta unit game telah terjual pada periode Q3. Meningkat sebanyak 17% dibandingkan tahun sebelumnya. Dan seperti biasa game first party milik Nintendo yang mendominasi penjualan ini.

Penjualan digital Nintendo juga terus meningkat, dimana pihak perusahaan mencatat terdapat peningkatan sebesar 58% pada kuartal ketiga dibandingkan tahun sebelumnya. Penjualan ini termasuk game, dan DLC, serta Nintendo Switch Online. Terlepas dari itu, penjualan digital hanya mencakup 32,1% dari seluruh penjualan game, yang berada dibawah Sony, Microsoft, dan berbagai publisher game besar lainnya.

Nintendo juga merilis angka penjualan untuk game dengan penjualan terbaik. Mario Kart 8: Deluxe berada di posisi teratas dengan total penjualan sebanyak 33,41 juta unit, kemudian diikuti oleh Animal Crossing: New Horizons dengan penjualan sebesar 31,18 juta unit. Terlepas memiliki umur kurang dari satu tahun, New Horizons akan segera menjadi game Switch dengan penjualan terbaik. Dimana sekitar 39% pengguna Switch memiliki game tersebut.

Sumber: VG247

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More