Resmi, Nintendo Switch Kalahkan PlayStation 4

Melalui laporan keuangan terbarunya, Nintendo kini telah menjual sebanyak 122,55 juta unit Switch dari perilisannya hingga 31 Desember kemarin. Namun Nintendo masih menurunkan target penjualannya untuk tahun fiskal saat ini.

Angka 120 juta lebih tersebut berarti secara resmi bahwa Switch telah mengalahkan penjualan Game Boy (termasuk Game Boy Color) dan juga konsol PlayStation 4 milik Sony.

Resmi, Nintendo Switch Kalahkan PlayStation 4

Pada tahun sebelumnya Switch dikonfirmasi kalau Switch telah menjadi konsol rumahan Nintendo dengan penjualan terbaik, dengan melampaui penjualan konsol Wii. Namun masih belum dapat mengalahkan Nintendo DS dengan angka 154 juta unit. Selain itu, Switch juga masih harus mengalahkan konsol Sony lainnya, PlayStation 2 yang bertengger di paling atas dengan jumlah 155 juta unit.

Sedangkan untuk gamenya sendiri, terdapat sebanyak 994 juta game yang berhasil terjual di Switch sejak perilisannya di tahun 2017 kemarin, yang mengalahkan platform Nintendo lainnya.

Game Switch Paling Laris

  1. Mario Kart 8 Deluxe – 52 juta kopi
  2. Animal Crossing: New Horizons -41,59 juta kopi
  3. Super Smash Bros. Ultimate – 30,44 juta kopi
  4. Legend of Zelda: Breath of the Wild – 29 juta kopi
  5. Pokemon Sword/Shield – 25,68 juta kopi
  6. Super Mario Odyssey – 25,12 juta kopi
  7. Pokemon Scarlet & Violet – 20,61 juta kopi
  8. Super Mario Party – 18,79 juta kopi
  9. Ring Fit Adventure – 15,22 juta kopi
  10. Pokemon Let’s Go – 15,07 juta kopi

Meski memiliki jumlah unit yang fantastis, namun sembilan bulan pertama untuk tahun fiskal 23, net sales Nintendo turun 1,9% dan net profit turun 5,8%. Penurunan ini tampaknya bukan karena performa penjualan, dimana menurut Nintendo hal ini terjadi karena melemahnya nilai tukar mereka. Sedangkan untuk penurunan penjualan konsol sebesar 21,3% disebut karena kelangkaan semikonduktor.

Karena hal tersebut Nintendo memutuskan untuk mengurangi perkiraan penjualan mereka menjadi 18 juta konsol sampai dengan akhir bulan Maret nanti, yang turun dari 19 juta, dan sebelumnya 21 juta.

Nintendo Switch

Terlepas penjualan konsol yang menurun, penjualan game Nintendo Switch tetap kuat di 172,11 juta unit untuk sembilan bulan pertama fiskal ini, namun turun 4% jika dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Pada bagian game, Pokemon Scarlet dan Violet berhasil terjual sebanyak 20,61 juta kopi dalam enam minggu pertama sejak perilisannya, dengan Splatoon 3 di 10,13 juta kopi, dan Switch Sport di 8,61 juta kopi.

Resmi, Nintendo Switch Kalahkan PlayStation 4

Bersamaan dengan game yang dirilis pada tahun sebelumnya (April-Desember 2022), Mario Kart 8 Deluxe berhasil terjual sebanyak 6,66 juta kopi, dan Kirby and the Forgotten Land berhasil terjual sebanyak 3,47 juta kopi.

Dan untuk berita seputar Nintendo Switch dan dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More