Agate Hadirkan Layanan Pengembangan Game AA dan AAA Untuk Dev Indonesia

Agate – Perusahaan pengembang game terbesar dan terdepan di Asia Tenggara baru-baru ini mengumumkan kalau mereka akan mengubah haluan melalui acara Indonesia Gaming Industry Overview, dimana acara ini juga berkolaborasi dengan Asosiasi Game Indonesia. Dalam acara ini Agate dan AGI membagikan sejumlah informasi terbaru mengenai kondisi industri game secara menyeluruh dan juga kondisi Agate di tahun 2022 kemarin.

Kurang Teknologi dan Kapabilitas

Shieny Aprilia, selaku Chief Executive Officer Agate menyebutkan kalau developer Indonesia sudah setara dengan developer lainnya, namun kondisi teknologi dan kapabilitas kurang dimiliki oleh para developer Indonesia. Dengan demikian, Agate memutuskan mengambil langkah untuk menjembatani titik lemah tersebut dengan mengubah fokus perusahaan mereka pada pengembangan game, dengan nama, dan skala proyek yang lebih besar seperti game AA, dan AAA. Dimana kedepannya Agate akan menghadirkan berbagai jasa layanan pengembangan game bagi perusahaan tidak hanya di Indonesia namun juga seluruh dunia.

Agate
Chief Executive Officer Agate Shieny Aprilia

Berskala Micro

Untuk kondisi industri Indonesia saat ini sangat didominasi oleh para developer baru. Febrianto Nur Anwari, selaku Program Manager Asosiasi Game Indonesia mengatakan kalau regenerasi developer game terbilang cukup sehat, seiring dengan permintaan developer baru yang meningkat. Selain itu mayoritas perusahaan game di Indonesia masih di dominasi dengan yang berskala micro dan memiliki skala proyek yang relatif masih kecil.

Agate yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun, dengan 300 karyawan dan 150 rekanan kerja sama, serta menjadi bagian dalam pengembangan lebih dari 300 game dalam berbagai kapasitas mencatat kalau selama 2022 adanya peningkatan signifikan pada pendapatan sebesar 158% dibandingkan dari tahun ke tahun.

Agate
Chief Business Officer Agate Cipto Adiguno

Chief Business Officer Agate, Cipto Adiguno menambahkan bahwa melalui perubahan ini diharapkan dapat mendongkrak performa industri game di Indonesia, dan juga menjadi bekal para developer kedepannya terlepas mereka masih menjadi bagian dari mereka atau bergerak secara individu.

Agate sendiri sebelumnya telah bekerja sama dengan Telkom Indonesia untuk menghadirkan program inkubasi bagi perusahaan startup game di Indonesia.

Bagi kalian yang belum kenal, Agate International merupakan perusahaan pengembang game yang mengedepankan komunitas, pengalaman menyenangkan, dan bermakna dalam setiap karyanya. Dan sejak awal era industri game di Indonesia, Agate telah berkembang menjadi salah satu pengembang game terbesar di Asia Tenggara. Untuk selengkapnya mengenai Agate bisa kalian simak di sini.

Sedangkan AGI atau Asosiasi Game Indonesia, merupakan organisasi yang bertujuan mempercepat pertumbuhan industri video game di Indonesia.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More