Unity Minta Maaf Perihal Runtime Fee, Janjikan Perubahan Pada Kebijakan Barunya

Diubah ya, bukan dibatalkan

Seminggu belakangan ini mungkin kalian menyadari bahwa terdapat gejolak yang tengah terjadi di industri game, terkhususnya dalam media sosial yang bersinggungan dengan industri tersebut. Gejolak ini terjadi karena kebijakan baru Unity yang akan memaksa para developer game besar maupun kecil untuk membayar uang kepada mereka untuk setiap instalasi game mereka di konsol atau PC atau platform lainnya yang dimiliki gamer setelah melewati jumlah instal yang telah ditetapkan. Tentunya banyak sekali yang memberikan protes, namun alih-alih menariknya Unity lebih memilih untuk memperjelas kebijakan mereka, dan kabar terbarunya kini Unity meminta maaf atas kericuhan yang terjadi.

Melalui akun media sosial X resmi milik Unity, mereka meminta maaf atas hal yang terjadi perihal kebijakan Runtime Fee yang sempat diumumkannya minggu lalu. Dan setelah mendengar keluh kesah para developer dan juga mereka yang berkutat di dalam Unity, ia akhirnya memutuskan untuk mengubah kebijakan mereka dan akan memberikan pengumuman mengenai perubahan tersebut dalam beberapa hari kedepan.

Runtime Fee dari Unity sendiri mendapatkan perhatian dari para developer, terutama developer kecil karena memaksa mereka untuk membayar Unity sebanyak 20 cent/0.20 USD untuk setiap install yang di dapat game mereka setelah melewati angka 200 ribu install. Namun Unity menyebutkan kalau installasi uang, install yang dilakukan bot, trial, web, dan streaming serta yang di bundle dengan kegiatan amal tidak dihitung, dan pada layanan berlangganan seperti Game Pass maka akan dibebankan kepihak penyedia layanan. Namun hal ini tidak menjawab bagaimana jika game-game mereka ini dibajak.

Kebijakan ini akan diberlakukan oleh Unity mulai tanggal 1 Januari mendatang, dan sejauh ini masih belum diketahui langkah apa yang akan diambil Unity agar para developer menyetujui kebijakan mereka.


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More