10 Bos Final Fantasy Yang Bikin Kamu Pusing dan Frustasi

Bagi kalian yang sudah pernah memainkan game-game yang ada di franchise Final Fantasy tentunya menyadari kalau franchise ini memiliki sebuah daua tarik tersendiri, mulai dari karakter utamanya hingga ke berbagai macam musuh yang ikonik. Meski prontagonis dari game-game ini tampaknya lebih disegani, namun para antagonis juga memainkan peran yang penting. Terutama untuk sebuah game yang berfokus kepada cerita, pertarungan melawan bos adalah salah satu bagian penting yang harus diperhatikan oleh para developernya, dan menghadirkan pertarungan yang berkesan dan sulit dilupakan adalah salah satunya. Selain memiliki desain yang kece, bos-bos di dalam game terutama Final Fantasy terkenal akan tingkat kesulitannya yang bisa membuat para pemainnya tercengang, dan di bawah ini adala kumpulan bos-bos yang dikenal memberikan perlawanan yang kuat, dan bahkan para pemain bisa dibuat tidak berkutik.

1. Absolute Virtue (Final Fantasy 11)

Absolute Virtue Final Fantasy

Bisa dikatakan sebagai salah satu bos yang paling sulit dalam seri Final Fantasy, Absolute Firtue adalah bos yang tidak bisa kalian hadapi jika kalian tidak mempersiapkan diri. Setelah menaikan level karakter setinggi-tingginya dan menyelesaikan berbagai hal lainnya agar bisa menghadapi bos ini, kemungkinan untuk menang pada saat pertama kali melawannya hampir tidak ada. Ketika game Final Fantasy 11 pertama kali dirilis hampir tidak ada pemain yang bisa mengalahkannya, dan setelah mendapatkan sejumlah kritik karena membuat bos yang sangat sulit Square Enix akhirnya menghadirkan patch untuk membuat pertarungan ini menjadi sedikit lebih mudah. Namun meski sudah mendapatkan nerf disebut ada pemain yang membutuhkan waktu sekitar 18 jam untuk mengalahkan bos ini.

2. Yiazmat (Final Fantasy 12)

Yiazmat

Yiazmat merupakan bos yang paling sulit di Final Fantasy 12, dimana para pemainharus mengalahkan setiap rank 7 Mark dan Hellworm terlebih dahulu yang sudah cukup sulit, namun masih belum sebanding dengan Yiazmat. Bos ini memiliki lebih dari 50 juta HP dan kalian membutuhkan beberapa jam untuk mengalahkannya, namun kalian bisa pergi dulu meninggalkan pertarungan untuk menyuplai item sebelum kembali lagi bertarung dengan bos ini.

3. Ultimate Ultima Weapon (Final Fantasy 14)

10 Bos Final Fantasy Yang Bikin Kamu Pusing dan Frustasi

Dalam game Final Fantasy 14 terdapat banyak bos dan raid yang cukup sulit untuk dihadapi, namun terdapat satu raid yang mungkin paling sulit – The Weapon’s Refrain, dimana kalian akan menghadapi Garuda, Ifrit, dan Titan sebelum menghadapi Lahabrea dan Ultima Weapon.

4. Penance (Final Fantasy 10)

Penance

Setelah mengalahkan seluruh Dark Aeons di dalam game ini, kalian akan memiliki opsi untuk bertarung melawan Penance, yang merupakan superboss paling sulit di game Final Fantasy 10. Dengan HP sebanyak 12 juta dan empat anggota tubuh yang memiliki HP-nya masing-masing, Penance adalah musuh yang cukup sulit untuk dihadapi. Setelah menyerang sebanyak 19 kali, maka bos ini akan mengeluarkan serangan ultimate yang mengambil 99,999 HP dan 999 MP seluruh karakter kalian, bernama Judgment Day.

5. Ozma (Final Fantasy 9)

10 Bos Final Fantasy Yang Bikin Kamu Pusing dan Frustasi

Menjadi salah satu bos paling sulit di Final Fantasy 9 dan cukup sulit dibandingkan bos lainnya di FF bukanlah sebuah julukan yang diberikan tanpa perhitungan, Ozma sendiri memiliki serangan tersendiri yang berdasarkan set-up party yang kalian miliki. Ozma juga memiliki sejumlah serangan yang mematikan yang bisa membunuh anggota party kalian dalam satu serangan saja.

6. The Five Archadian Judges (Final Fantasy 12)

10 Bos Final Fantasy Yang Bikin Kamu Pusing dan Frustasi

Menghadirkan nuansa yang baru dengan menggunakan berbagai pengalaman yang sudah mereka dapatkan dalam entri sebelumnya, sayangnya tidak berhasil menarik para gamer. Namun pada edisi The Zodiac Age, Square Enix menghadirkan pertarungan yang sulit, dimana kalian akan menghadapi lima Archadian Judges pada akhir dari Trial Mode. Sulitnya, pertarungan ini akan dengan cepat membuat kalian langsung game over, kecuali kalian memiliki Gambit terbaik dan memiliki status yang tinggi untuk menghadapi serangan mereka.

7. Warmech (Final Fantasy)

10 Bos Final Fantasy Yang Bikin Kamu Pusing dan Frustasi

Salah satu bos di Final Fantasy yang memulai tren untuk menghadirkan musuh yang hampir tidak dapat dikalahkan yang membutuhkan banyak watuk dan strategi untuk dikalahkan. Dalam game pertama Final Fantasy, Warmech adalah musuh yang sangat kuat. Musuh ini cukup sering dan mudah mendapatkan preemptive strike dimana menjadi sangat mudah untuknya mengalahkan salah satu anggota party pada awal pertarungan. Selain itu bos ini juga bisa memulihkan HP-nya sendiri yang membuatnya menjadi musuh yang menyebalkan.

8. Omega (Final Fantasy 5)

10 Bos Final Fantasy Yang Bikin Kamu Pusing dan Frustasi

Omega salah satu superboss yang paling sulit untuk dihadapi dalam sejarah Final Fantasy, dengan musuh yang ikonik ini bisa mengalahkan para pemain yang tidak bersiap menghadapinya dalam kurun waktu sebentar saja. Selain memiliki serangan yang menyakitkan, bos ini juga memiliki Wave Cannon yang muncul setiap beberapa turn dan dipastikan bisa mengurangi setengah HP dari karakter kalian.

9. Emerald Weapon (Final Fantasy 7)

10 Bos Final Fantasy Yang Bikin Kamu Pusing dan Frustasi

Salah satu bos FF paling sulit ada di game FF7, dimana untuk mengalahkan bos yang ada di bawah air ini kalian hanya memiliki waktu 20 menit saja, perkenalkan Emerald Weapon. Aire Tam Storm, serangan yang spesial ini akan menghitung seluruh Materia yang dikenakan oleh karakter kalian dan mengkalikannya dengan 1,111 ke seluruh karakter kalian. Beragam serangan Emeral ditambah time limit yang ada serta harus mempertimbangkan Materia yang dikenakan membuat Emeral Weapon menjadi salah satu musuh yang sulit dikalahkan.

10. Hades (Final Fantasy 9)

10 Bos Final Fantasy Yang Bikin Kamu Pusing dan Frustasi

Final Fantasy 9 menghadirkan kembali rasa nostalgia dari game-game FF klasik dalam seri ini, termasuk bos-bos mereka yang sulit. Dan salah satunya adalah Hades yang harus dikalahkan agar bisa membuka synthesis shop rahasia.

Bagaimana dengan kalian sendiri? Bos Final Fantasy mana yang menurut kalian paling susah?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More