Analis Sebut Terdapat Hingga Seribu Game Digital Yang Akan Hilang Ketika eShop 3DS dan Wii U Ditutup

Dikabarkan terdapat hingga seribu game yang hanya tersedia secara digital yang tidak akan dapat lagi tersedia untuk dibeli ketika Nintendo menutup eShop Nintendo Wii U dan Nintendo 3DS pada tahun 2023 mendatang.

Meski para pengguna masih dapat mendownload ulang berbagai game yang telah mereka beli sebelumnya dalam beberapa waktu ini, namun dari Maret 2023 hingga seterusnya mereka tidak dapat membali game apapun di Wii U dan 3DS melalui marketplace online.

Namun deadline sampai dengan store tersebut tidak dapat diakses lebih cepat dari dugaan. Mulai tanggal 23 Mei, 2022 para pengguna tidak lagi dapat menggunakan kartu kredit di eShop, dan mulai tanggal 29 Agustus nanti, para pengguna sudah tidak lagi dapat menggunakan kartu eShop untuk menambah dana.

Tentunya, sejumlah game di eShop Wii U dan 3DS tersedia secara fisik, atau melalui sistem lain. Namun, sejumlah game eShop tersebut hanya dirilis secara digital saja, dan sebagian besarnya eksklusif di platform tersebut. Sehingga jika eShop ditutup maka game-game ini akan hilang sepenuhnya.

Jika ditotalkan, maka terdapat sekitar 2 ribu game yang saat ini tersedia di eShop 3DS dan Wii U, termasuk :

  • Sekitar 450 game digital-only Wii U
  • Sekitar 600 game digital-only 3DS
  • Sekitar 100 game Wii U yang juga tersedia secara fisik
  • Sekitar 300 game 3DS yang juga tersedia secara fisik
  • Hampir 530 game Virtual Console, sekitar 350 saat ini tidak tersedia di Nintendo Switch Online.

Angka di atas merupakan angka yang di estimasi oleh pihak VGC.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More