Dev Steins;Gate, Mages Bangkrut?

Mages Bangkrut? – developer dari sejumlah game visual novel yang paling populer di industri game dikabarkan memasuki insolvensi mengikuti kerugian yang diungkap dalam laporan keuangan mereka. Awalnya dikenal sebagai 5pb., Mages dikenal atas franchise visual novel yang dikenal dengan seri Science Adventure, dimana termasuk Chaos; Head, dan Steins; Gate, setengah adaptasi anime, manga, drama CD, dan yang ainnya. Pengembangan selanjutnya dari seri Science Adventure terebut serta proyek Mages lainnya kemungkinan kini telah terancam.

Mages sendiri memiliki sejarah yang rumit, 17 tahun yang lalu. Permasalahan tersebut berada di Chiyomaru Shikura, yang merupakan pendiri dari perusahaan tersebut, dan juga merupakan executive director. Shikura sendiri memiliki bayak peranan di perusahaan, mulai dari composer, penulis, producer, dan lead planner, tidak hanya untuk game Mages namun berbagai karya yang berhubungan dengan anime dan audio. Pada tahun 2020, Shikura menjual Mages kepada sebuah perusahaan bernama Colopl, yang dikenal akan game gacha, meski Shikura dan proyek miliknya mayoritas tidak terdampak.

Dev Steins;Gate, Mages Bangkrut?

Perubahan tersebut tampaknya baik-baik saja, namun berubah setelah laporan keuangan Mages yang mencatat kerugian sebanyak 613 juta Yen atau sekitar 72,7 miliar Rupiah, mendorong perusahaan tersebut ke insolvensi. Secara spesisik mengenai dimana utang Mages berasal masih belum diketahui mengingat bahwa struktur perusahaan tersebut yang kompleks. Pada tahun 2022 sendiri, Mages telah merilis sejumlah game termasuk Phantom Breaker: Omnia, film The Quintessential Quintuplets, dan visual novel Science Adventure bernama Anonymous;Code.

Untuk kedepannya masih belum diketahui, dimana Mages sendiri bisa mendeklarasikan pailit, membagi aset mereka dan menjualnya secara terpisah, atau menggabungkan semuanya dan menjualnya kepada pembeli tertinggi.

Untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More