Dock Switch OLED Disebut Bisa Mendukung Resolusi 4K

Dikabarkan terdapat sejumlah bukti yang mengindikasikan bahwa dock untuk Nintendo Switch OLED dapat mendukung 4K 60FPS, meski konsol Switch saat ini tidak dapat melakukannya.

Pada minggu lalu terdapat laporan bahwa konsol Nintendo Switch dengan model baru ini datang dengan kabel HDMI 2.0 baru, dimana kabel sebelumnya menggunakan HDMI 1.4, yang berarti secara teori kabel baru ini bisa mentransfer sinyal 4K di 60 frame per second dengan HDR.

Kini seorang pembuat konten bernama KawlunDram mengambil langkah lebih lanjut dan membuka dock Switch OLED, dimana ia menemukan sebuah chip Realtek baru di dalamnya, yang diiklankan sebagai “SoC multimedia 4K UHD.”

Disebutkan bahwa chip ini merupakan sebuah chip yang sama yang direferensikan dalam sebuah update firmware Switch pada awal tahun ini, bersamaan dengan hardware yang memiliki codename ‘Aula’.

Penemuan ini kemungkinan mengindikasikan bahwa dock untuk Switch OLED meruapakan hardware baru yang mendukung HDMI 2.0 atau ke atasnya. “Perlu dicatat juga bahwa Tegra X1 yang disematkan dalam Switch bisa mendukung output 4K60fps dengan HDMI2.0,” tulis Kawlun.

Menariknya, Nintendo belum lama ini telah menghadirkan fitur “update dock firmware” khusus untuk dock OLED. Hal ini berpotensi menunjukan bahwa Nintendo dapat memutuskan untuk menambahkan opsi 4K di masa mendatang, mirip dengan bagaimana mereka menambahkan dukungan audio Bluetooth melalui update.

Sayangnya dock ini sendiri tidak memiliki kemampuan untuk melakukan upscale 1080p ke 4K, sehingga output 4K akan dibebankan pada handheld Switch sendiri, entah dengan peningkatan tenaga, atau dengan fitur upscale DLSS, dimana keduanya tidak ada di model OLED ini.

Pada minggu lalu Nintendo dengan cepat menepis klaim bahwa setidaknya terdapat 11 studio yang memiliki development kits Switch 4K. Bloomberg mengklaim bahwa setidaknya 11 studio tersebut, termasuk Zynga memiliki software toolkits yang diberikan oleh Nintendo yang mendukung grafis 4K.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: