Forum ResetEra Telah Dibeli Dengan Harga 63 Miliar Rupiah

Forum internet telah berkurang selama beberapa waktu, namun meski demikian, komunitas tertentu telah berkembang pesat. Salah satu contohnya adalah ResetEra, sebuah forum online yang berfokus mendiskusikan game dan komunitas yang dibangun sebagai tempat bersinggah dalam dunia industri game. Meski ResetEra sendiri telah berkembang menjadi sebuah tempat berkumpulnya orang-orng dalam industri game sejak 2017, tentunya komunitas ResetEra cukup terkejut mendengar bahwa situs tersebut kini telah dijual.

Dalam sebuah perilisan pers yang diterbitkan oleh MOBA Network, sebuah organisasi asal Swedia yang memiliki sebuah portofolio berisikan situs esports, akuisisi atas ResetEra telah dikonfirmasi dengan harga 4.55 juta USD atau sekitar 63 miliar Rupiah. MOBA Network mendeskripsikan ResetEra sebagai sebuah “brand komunitas global yang kuat” dan nilai utama komunitas, dan persyaratan membership yang tinggi tetap “penting untuk MOBA Networkd.” tim operasional yang telah ada, termasuk struktur moderasi ResetEra akan tetap berlanjut.

https://static0.gamerantimages.com/wordpress/wp-content/uploads/2021/10/resetera-acquisition-moba-network-cerium.jpg?q=50&fit=crop&w=737&dpr=1.5

Reaksi yang berada di ResetEra cukup beragam. Dimana para pengguna ResetEra bingung mengenai profitabilitas forum, yang disebut 700 ribu USD setahuin dengn EBITDA 80%, yang tidak dibagi di antara struktur moderasi situs, dan bagaimana pemilik situs, Cerium dapat dengan nyaman menguangkan dari apa yang dibangun untuk menjadi sebuah komunitas yang mandiri. Kritik paling vokal dari keputusan tersebut adalah menyerukan untuk membuat forum baru.

Dlaam sebuah postingan yang dibuat oleh mantan pemilik ResetEra, Cerium, ia mengatakan bahwa berdasarkan “keyakinannya yang tulis” bahwa penjualan ke MOBA Network adalah “cara terbaik untuk mengamankan masa depan situs.” Cerium secara ambigu melanjutkan dengan mengatakan bahwa MOBA Networkd dapat menyediakan “jaring pengaman” untuk ResetEra yang tidak dapat ia sediakan sendiri.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More