Gunakan GPU External, Steam Deck Dapat Jalankan Game di Resolusi 4K

YouTuber ETA Prime, berhasil memasangkan kartu grafis ekternal ke handheld Steam Deck, yang membuat perangkat tersebut dapat menjalankan game-game seperti Elden Ring di resolusi 4K dengan setting grafis maksimal. Sebelumnya Valve telah menyebutkan berulang kali bahwa kartu grafis eksternal tidak kompatibel, namun ETA Prime berhasil melakukannya.

Steam Deck dari Valve ini tidak memiliki port Thunderbolt 3/4, sehingga ia harus menggunakan slot M.2 yang memiliki interface PCIe x4, dan sebuah adaptor spesial yang mengizinkan untuk mencolok sebuah kartu add-on ke slot tersebut. Tentunya penggunaan dari slot M.2 akan mengurangi kapasitas local storage. Dan untuk menyelesaikan “build” tersebut, ETA Prime menghubungkan dock M.2 dan GPU eksternal ke sebuah power supply ATX.

Karena SteamOS tidak mendukung kartu grafis eksternal, ETA Prime akhirnya menjalankan Windows 11 melalui sebuah microSD. Dan terakhir, ia menggunakan hub USB-C untuk menghubungkan aksesoris seperti mouse dan keyboard.

Ia melakukan pengujian menggunakan beragam kartu grafis, mulai dari GTX 1060, GTX 1650, RTX 3060, Radeon RX 590, RX 480, dan RX 6900XT. Sayangnya, tidak ada satupun kartu grafis dari Nvidia dapat berjalan, kemungkinan karena arsitektur AMD yang digunakan di dalam Steam Deck.

Dan seperti yang diperkirakan, Radeon RX 6900 XT jauh lebih cepat dibandingkan GPU Steam Deck. Dengan konfigurasi tersebut, Steam Deck dapat menjalankan berbagai game seperti The Witcher 3, GTA5, Elden Ring, Cyberpunk 2077, dan God of War di 1080p atau bahkan 4K. Untuk FPS sendiri beragam, antara 40 sampai dengan 108, tergantung game yang dijalankan.

Sumber: IGN, Tom’s Hardware

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More