Layar Switch OLED Membutuhkan Waktu Lebih Dari 3 Ribu Jam Untuk Burn-In

Dalam sebuah video di tanggal 7 Maret kemarin, YouTuber yang dikenal sebagai WULFF DEN membagikan hasil dari eksperimennya bersama konsol Nintendo Switch OLED. Tujuan dari eksperimennya adalah untuk menemukan seberapa lama waktu yang dibutuhkan sampai dengan layar Switch OLED mengalami burn-in. Untuk melakukan pengujian tersebut ia menampilkan sebuah screenshot dari The Legend of Zelda: Breath of the Wild menggunakan layar OLED. Menariknya, ia dengan sengaja menggunakan sebuah gambar yang memiliki banyak warna, untuk melihat apakah akan terjadi burn-in. Ia kemudian meletakan konsolnya pada sebuah charging stand, dan menunggu.

Setelah menunggu sekitar 3,600 jam, WLUFF DEN mengungkapkan bahwa ia mulai menyadari terdapat burn-in di layar Switch OLED. Untuk menunjukan masalah tersebut, ia kemudian masuk ke home screen. Setelah di sana ia menunjukan bahwa layar OLED terus menunjukan sebuah bercak biru meski sudah tidak menampilkan screenshot tersebut. Namun, sang YouTuber mencatat bahwa burn-in ini sangat sedikit bahkan setelah digunakan selama ratusan jam.

Meski pengujian yang dilakukan oleh WULFF DEN ini menunjukan bahwa Switch OLED bisa mengalami burn-in, namun hasilnya cukup memuaskan tentunya untuk para pemilik konsol tersebut. Bagi para gamer, kemungkinan mereka tidak perlu terlalu khawatir mengenai masalah ini dikarenakan dibutuhkan waktu yang sangat lama agar terjadi burn-in, terutama dibutuhkan elemen seperti HUD di dalam game yang tidak bergerak.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More