Masayuki Uemura Pembuat NES dan SNES Telah Berpulang

Masayuki Uemura, yang dikenal sebagai kreator dari Famicom (NES) dan Super Famicom (SNES), dikabarkan telah berpulang. Ia meninggal pada tanggal 6 Desember, 2021 kemarin di usia 78 tahun.

Masayuki Uemura lahir di Tokyo, Jepang pada tanggal 20 Juni, 1943. Ia kemudian bergabung dengan perusahaan televisi Sharp pada tahun 1967. Meski ia memulai karirnya dengan melakukan penelitian sirkuit elektronik, ia kemudian berpindah untuk melakukan penelitian semiconductor. Pada tahun 1971, ia kemudian bergabung dengan Nintendo, dan membantu untuk mengembangkan konsol rumah pertama perusahaan tersebut, Color TV-Game, yang dirilis oleh Nintendo pada tahun 1977.

Setelah itu Uemura menjadi kepala divisi R&D kedua Nintendo. Dari tahun 1981, Uemura memimpin pengembangan dari NES, yang berakhir memimpin kesuksesan Nintendo dalam market video game. Dengan menggunakan pengetahuannya di dalam semiconductor, ia juga mengembangkan periferal Famicom Disk System. Kemudian Uemura mengembangkan SNES dan periferal modem satelit Satellaview, yang hanya dijual di Jepang saja.

Meski pada tahun 2004 Uemura meninggalkan Nintendo, ia terus melakukan penelitian sebagai seorang profesor di  Graduate School of Core Ethics and Frontier Sciences dari Ritsumeikan University. Ia juga mendirikan Ritsumeikan Center for Game Studies di tahun 2011, dan berperan sebagai kepalanya sampai dengan bulan Maret tahun ini.

Kabar berpulangnya Uemura diumumkan melalui situs resmi RCGS.

Sumber: Siliconera, Famitsu

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More