Pemerintah Inggris Sebut Industri Game Harus Ambil Tindakan Pada Loot Box, Atau Hadapi

Pemerintah Inggris belum lama ini telah mengatakan bahwa industri game harus melakukan lebih untuk melindungi para pemain dari loot box, dan menyebutkan bahwa mereka tidak akan segan-segan mengambil langkah hukum jika terdapat perusahaan yang tidak menghadirkan langkah pencegahan yang cukup untuk menjaga keamanan pemain.

Sebuah pencarian bukti pada loot box di tahun 2020 dilakukan oleh Department for Digital, Culture, Media, dan Sport Inggris, yang menemukan bahwa para pemain yang membeli loot box kemungkinan lebih akan mengalami “perjudian, masalah mental, keuangan, dan masalah yang berhubungan dengan gaming”. Risikonya mungkin juga lebih tinggi untuk anak-anak, dan remaja.

Pada hari Minggu kemarin, pihak pemerintah telah meminta pembelian loot box untuk anak-anak dan remaja ditiadakan, kecuali mereka mendapatkan persetujuan dari wali atau orang tua.

“Kami ingin menghentikan anak-anak untuk menghabiskan uang secara online tanpa persetujuan orang tua, yang di dorong oleh pembelian di dalam game seperti loot-box,” ujar Culture Secretary Nadine Dorries dalam sebuah pertanyaan.

“Perusahaan dan platform game perlu berbuat lebihbanyak untuk memastikan bahwa kontrol dan batasan usia telahditerapkan sehingga pemain terlindungi dari bahaya perjudian. Anak-anak seharusnya dapat bebas menikmati game secara aman, sehingga membuat orang tua dan wali menjadi tenang.”

Meski Dorries menekankan bahwa ia berharap para perusahaan untuk melakukan lebih agar memastikan anak-anak tidka dapat melakukan pembelian tanpa pengawasan orang tua, tidak ada tindakan formal yang diambil untuk memperkuat hal tersebut.

Department for Digital, Culture, Media, and Sport mengatakan bahwa mereka berencana untuk membentuk sebuah grip berisikan perusahaan game, platform, dan badan regulator untuk mengembangkan “langkah-langkah yang dipimpin industri untuk melindungi pemain dan mengurangi risiko yang ada.”

Sejumlah contoh dari langkah ini adalah termasuk parental control.

Sumber: VCG

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More