Penggunaan Kontroler di Steam Meningkat Dua Kali Lipat Dalam Dua Tahun

Perangkat mouse dan keyboard bisa dikatakan merupakan sebuah senjata tradisional yang menjadi pilihan para gamer di platform PC, namun Valve menemukan bahwa pemilihan penggunaan game pad telah mengalami peningkatan di platform Steam.

Dalan sebuah postingan yang mengumumkan bahwa kontroler PlayStation 5, DualSense dapat di gunakan di Steam pada hari Jumat kemarin, Valve mengatakan bahwa pilihan untuk penggunaan game pad di platform tersebut menignkat.

Valve mengatakan “dalam dua tahun belakangan ini, jumlah pengguna harian yang memainkan sebuah game di Steam menggunakan sebuah kontroler telah meningkat setidaknya lebih dari dua kali lipat, dengan jutaan pemain menikmati pertumbuhan katalog game yang ramah kontroler setiap harinya.”

Pada game-game yang dapat dimainkan dengan controler, “sangat mudah” untuk melihat terdapat 60 persen para pemain Steam menggunakan game pad, Valve mengatakan, meski beberapa genre seperti game skateboarding, terdapat lebih dari 90 persen pemain yang menggunakan game pad.

Kontroler PlayStation merupakan pilihan kontroler yang menjadi semakin populer untuk digunakan sebagai game pad, dimana kini kontroler tersebut menyumbang sebanyak 21,6 persen dari kontroler yang ada di Steam, naik dari 10,9 persen pada dua tahun yang lalu.

Valve sendiri memberikan dukungan pada kontroler PS4 di tahun 2016, dan mulai memberikan support pada kontroler PS3 sebagai tipe lainnya di tahun 2018.

Sumber: Gamesindustry

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More