Regulator Inggris Lakukan Penyelidikan Mengenai ‘Duopoly’ Apple dan Google Pada Ekosistem Mobile

Competition and Markets Authority (CMA) dikabarkan telah melakukan penyelidikan lebih mendalam mengenai dominasi atas ekosistem mobile yang dilakukan oleh Apple dan Google.

Mengikuti publikasi yang dirilis pada bulan Juni kemarin mengenai studio market ekosistem mobile, ditemukan bahwa kedua perusahaan tersebut secara efektif melakukan duoploy yang membuat mereka mencengkram sistem operasi, app store, dan web browser yang ada di perangkat mobile.

CMA mengatakan bahwa 97% web browsing mobile yang ada di Inggris pada tahun lalu ditenagai oleh Apple atau Google.

Respon mengenai laporan tersebut mengungkap dukungan untuk investigasi lebih mendalam mengenai dominasi kedua perusahaan tersebut pada market browser mobile, dan bagaimana pembuat iPhone melarang cloud gaming melalui App Store.

Xbox Cloud Gaming, sebagai contohnya saat ini hanya tersedia di iOS melalui browser saja, dimana cloud gaming di Android di dukung oleh aplikasi Xbox Game Pass.

“Game komputer merupakan industri multi miliar pound di Inggris, yang dimainkan oleh jutaan orang,” tulis CMA. “Sejauh ini terdapat lebih dari 800 ribu pengguna layanan cloud gaming di Inggris namun pembatasan distribusi mereka di perangkat mobile dapat menghambat pertumbuhan sektor ini.”

Disebutkan bahwa para vendor browser, web developer, dan penyedia layanan cloud gaming telah menunjukan kekhawatiran mereka mengenai dominasi Apple dan Google yang memberikan dampak negatif kepada bisnis mereka, menghambat inovasi, dan membuat mereka mengeluarkan biaya yang tidak penting.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More