ROG Ally: Spesifikasi, Harga dan Tanggal Rilis Konsol Handheld Terbaru dari Asus

Awalnya dianggap sebagai sebuah lelucon pada tanggal 1 April karena hari itu merupakan hari yang paling aman jika developer ingin membuat blunder, namuan ternyata handheld dari Asus bukanlah sebuah blunder belaka. Perangkat ini nyata dan bahkan sudah memiliki tanggal rilis dan harganya juga.

Berbeda dari Steam Deck dan Nintendo Switch yang memiliki sistem operasi mereka sendiri, ROG Ally menggunakan sistem operasi Windows 11 sama seperti sejumlah perangkat sejenis lainnya. Namun apakah hanya itu saja?

Spesifikasi ROG Ally

Tentunya sebagai sebuah konsol handheld yang ingin menjadi yang terbaik, Asus harus bisa menghadirkan spesifikasi terbaik juga untuk ROG Ally. Tentunya hal yang dilakukan oleh manufaktur ini tidak main-main juga.

Asus memberikan ROG Ally layar 7 inci dengan resolusi 1080p yang memiliki refresh rate hingga 120Hz serta response time 7ms. Pada bagian dapur pacu Ally menggunakan APU AMD Ryzen Z1 berteknologi RDNA 3 serta kapasitas memory 16GB LPDDR5, ditambah 512GB SSD PCIe 4.0 sebagai tempat penyimpanan yang memiliki kecepatan tinggi. Yang disematkan menjadi satu dengan bobot 608 gram saja.

ROG Ally spesifikasi tanggal rilis

Selain itu terdapat kabar kalau Asus akan menghadirkan ROG Ally dengan APU Ryzen Z1 Extreme yang memiliki kemampuan lebih tinggi terutama pada sektor GPU yang disebut memiliki kemampuan setara dengan RX 6600 versi desktop.

APU: AMD Ryzen Z1
Lithography: 4nm
CPU uArch: Zen 4
Cores: 6
Threads: 12
GPU uArch: RDNA 3
Compute units: 4
Memory: 16GB LPDDR5
Storage: 512GB PCIe 4.0 SSD | UHS II MicroSD
Screen: 7-inch
Resolution: 1080p
Refresh rate: 120Hz
Response: 7ms
Peak luminance: 500 nits
PPI: 314
Operating system: Windows 11
Weight: 608g

Harga ROG Ally

Bagaimana dengan harganya? Mengingat bahwa memiliki spesifikasi yang lebih tinggi ditambah merk yang cukup ternama yang mengembangkannya mungkin saja kalau harga perangkat ini akan melebihi harga Steam Deck hingga beberapa kali lipat. Namun meski masih belum memiliki harga yang pasti namun pihak Asus berani menjamin kalau handheld ROG Ally mereka ini akan dihargai di bawah 1.000 USD atau dibawah 15 juta Rupiah.

ROG Ally: Spesifikasi, Harga dan Tanggal Rilis Konsol Handheld Terbaru dari Asus
Sumber: The Verge

Namun mengingat bahwa harga yang dihadirkan ini merupakan konversi dari mata uang Amerika Serikat, tentunya kemungkinan besar jika masuk ke pasar Indonesia secara resmi, kemungkinan akan memiliki harga yang lebih murah.

Meski terdapat rumor kalau harga varian tertinggi dari ROG Ally hampir setara dengan varian tertinggi Steam Deck. Namun sejauh ini kita hanya bisa berspekulasi saja.

Tanggal Rilis

ROG Ally: Spesifikasi, Harga dan Tanggal Rilis Konsol Handheld Terbaru dari Asus
Sumber: The Verge

Bagi kalian yang ingin meminang perangkat ini tentunya kalian cukup menunggu dalam beberapa minggu lagi saja, karena Asus memastikan akan membawa ROG Ally ke pasaran pada tanggal 11 Mei mendatang. Tentunya jika tidak ada kendala sama sekali.

Bagaimana dengan kalian sendiri? Apakah kalian merasa kalau ROG Ally pantas menjadi pesaing Steam Deck, dan pantas untuk dibeli?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

 

Sumber: PC Gamer

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More