Spesialis Retro Jelaskan Perbedaan Antara Sebuah ‘Remake’ dan ‘Remaster’

Spesialis game retro, Nightdive Studios belum lama ini telah menjelaskan perbedaan antara remake dan remaster yang ada di video game.

Nightdive, yang telah membuat beragam perilisan ulang, termasuk Turok, Doom 64, Blade Runner, dan Shadow Man, mengatakan bahwa mereka memiliki sebuah definisi mereka sendiri secara internal untuk menentukan sebuah “remaster sebenarnya” yang berbeda dari sebuah “remake dari dasar.”

Perilisan ulang dari game-game lama sudah cukup banyak di kalender video game dalam beberapa tahun belakangan ini, namun tampaknya tidak terlalu banyak hubungan antara bahasa yang digunakan untuk mendeskripsikan game-game tersebut.

“Berdasarkan apa yang tengah kami lakukan selama ini, kami telah melakukan hal yang sedikit berbeda. Kami lebih suka menyebutnya, ‘enhanced editions,’ dimana pada dasarnya kalian menggunakan game pertamanya, kemudian membuatnya berjalan pada sistem operasi yang lebih baru, dan kemudian menambahkan beberapa quality of life, seperti dukungan widescreen,” ujar Stephen Kick, CEO Nightdive.

“Kemudian kami memiliki game seperti Shadowman, dimana kami menganggapnya sebagai remaster sebenarnya. Kami melakukan semuanya, seluruh hal quality of life, dan membuat game tersebut berjalan dengan mulus di 60fps, namun ketika kami menangani bagian art, menambahkan tekstur baru, model baru, dan bahkan hingga bekerja dengan developer aslinya untuk mengimplementasikan berbagai hal yang tersisa lainnya. Terakhir, kami memiliki System Shock, dimana merupakan sebuah remake dari dasar. Game ini merupakan game baru, namun masih berbasis game originalnya, dan mempertahankannya.”

Terlepas perdebatan yang terjadi di forum dan sosial media mengenai remaster vs remake, Nightdive mengatakan bahwa publik mulai mengapresiasi jumlah usaha yang dikeluarkan untuk keduanya.

Ia menyebutkan bahwa jika kalian memainkan sejumlah game N64, lama jika memainkan remaster kami, maka para pemain akan mengingat bahwa game remaster tersebut sama dengan yang mereka kenal sebelumnya. Namun game itu berjalan di 4K/60fps, berbagai semua bug telah diperbaiki, dan menghadirkan pengalaman yang sama seperti yang telah dirasakan para pemain.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More