Survey: Mayoritas Developer Game Tidak Tertarik Dengan NFT

70% dari developer dikabarkan tidak merasa tertarik dalam mengimplementasikan non-fungible tokens [NFTs] di dalam game mereka. Hal ini berdasarkan sebuah survey baru.

State of the Game Industry Report tahunan dari Game Developers Conference belum lama ini telah dirilis, dan dalam laporan tersebut telah memberikan pertanyaan kepada lebih dari 2700 developer game mengenai karya mereka.

Salah satu pertanyaan yang diberikan adalah “Bagaimana ketertarikan studio kalian dalam non-fungible tokens (NFTs)?” dan 70% responden menjawab “tidak tertarik,” sedangkan 21% lainnya “cukup tertarik” dan 7% mengatakan “sangat tertarik.” Namun hanya satu persen saja yang menjawab bahwa mereka telah mengembangkannya.

Pertanyaan lainnya yang ditanyakan adalah “Bagaimana ketertarikan studio kalian dalam mata uang kripto sebagai sebuah alat pembayaran?”

Hasilnya juga cukup mirip, dengan 72% responden mengatakan bahwa mereka tidak tertarik, 21% cukup tertarik, 6% merasa sangat tertarik, dan 1% sudah menerapkannya.

Dilansir dari GDC, “Ketika ditanya mengenai bagaimana perasaan mereka mengenai kemungkinan mata uang kripto dan NFT di dalam game, sejumlah [developer] menyebutnya masa depan dari gaming. Namun, mayoritas responden menolak praktik tersebut, dengan mengatakan bahwa hal tersebut berpotensi untuk penipuan, kekhawatiran mengenai monetisasi, dan dampak pada lingkungan.”

Survey tersebut juga menghadirkan sejumlah contoh dari responden, termasuk yang positif seperti “Saya pikir hal ini akan menjadi sebuah perubahan yang besar dalam cara kita berpikir mengenai barang digital dan kepemilikan/monetisasi.”

Namun, mayoritas respon adalah negatif, seperti “Bagaimana tidak ada yang menyadari bahwa ini termasuk skema piramid.” “Kenapa kami membutuhkannya?” tanya yang lain. “Apa keuntungannya dengan menghadirkan sistem tersebut dalam game kami? Siapa yang menggunakannya? Tampaknya audiensnya sangat kecil.”

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More